Balai KSDA Yogyakarta Bersama Direktorat Polairud Polda DIY Tertibkan Kepemilikan Emys di Bantul

Rabu, 10 Maret 2021

Yogyakarta 10 Maret 2021. Polhut Balai KSDA Yogyakarta melaporkan hasil kerjasama yang dilaksanakan bersama dengan Subdit Gakkum Ditpolairud PoldaDIY terkait penertiban kepemilikan satwa dilindungi jenis Kura-kura baning coklat (Manouria emyshari Selasa 9 (09/03/21).  Penyelidikan dan penertiban terhadap kepemilikan kura-kura tersebut dilakukan di TKP wilayah Pandak, Bantul. Dari pemilik satwa tersebut berhasil diamankan sepasang kura-kura jantan-betina.

Selain mengamankan kura-kura dari pemiliknya, di hari yang sama petugas juga menerima penyerahan 5 ekor kura-kura dimana 4 diantaranya dalam kondisi hidup dan 1 ekor lainnya dalam kondisi mati. Ke-enam kura-kura yang dalam kondisi hidup tersebut selanjutnya dititiprawat ke Lembaga Konservasi Gembira Loka Zoo sebagaimana arahan dari Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi.

Dihubungi secara terpisah, M. Wahyudi menyampaikan “Upaya penyelamatan satwa liar dilindungi baik itu melalui mekanisme satwa sitaan maupun penyerahan masyarakat perlu segera ditindaklanjuti dengan upaya perawatan satwa selanjutnya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi satwa dalam keadaan baik dan sehat. Langkah penyelamatan dan perawatan satwa dapat dilakukan di Pusat Penyelamatan Satwa BKSDA Yogyakarta di Stasiun Flora Fauna Bunder maupun dengan menggandeng mitra lembaga konservasi yang ada di DIY” tutur M. Wahyudi.

Lebih lanjut, M. Wahyudi menyampaikan “Untuk perawatan lanjutan terhadap 6 ekor kura-kura ini akan dilakukan di LK GL Zoo dengan pertimbangan pengalaman yang sudah dimiliki dan ketersediaan kandang perawatan kura-kura di GL Zoo. Sementara untuk kura-kura yang mati, setelah kelengkapan administrasi selesai, akan diserahkan ke museum Biologi UGM untuk keperluan pendidikan” tutupnya.

Sumber : Uut Budiarto - Polhut Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini