Resort Kerumutan Utara BBKSDA Riau Mitigasi Temuan Jejak Satwa Liar Yang Dilindungi

Sabtu, 20 Februari 2021

Pekanbaru, 20 Februari 2021 - Tim Resort  Kerumutan Utara Balai Besar KSDA Riau (Sehat Nasution, Romi dan Azwar) bergegas menindaklanjuti laporan dari PT. Gandaerah Hendana tentang adanya temuan jejak satwa liar areal konsesinya di Kec. Ukui, Kab.Pelalawan pada tanggal 18-19 Februari 2021.

Tim berkoordinasi dengan pihak perusahaan dan langsung melakukan pengecekan serta menemukan jejak satwa yang dilindungi. Berdasarkan informasi yang diperoleh, jejak tersebut di temukan sejak 15 Februari 2021 oleh karyawan PT. Gandaerah Hendana.

Selanjutnya Tim melakukan mitigasi serta penyisiran jejak satwa  dan menemukannya di blok berbeda yang berbatasan langsung dengan HTI PT. MPL (19/2/21). Tim segera melakukan koordinasi dengan pihak PT. MPL dan mendapatkan informasi dari Security bahwa tidak melihat jejak satwa atau tanda lainnya.

Hasil dari analisa Tim di lapangan, satwa diduga berasal dari satwa yang terpantau beberapa tahun lalu di kamera trap yang pernah  dipasang dan di duga hanya melintas karena jejak yang ditemukan hanya satu arah. Untuk memastikan hal tersebut, Tim kembali melakukan pemasangan kamera trap.

Tim memberikan sosialisasi terkait penanganan konflik satwa liar dan meminta kepada pihak perusahaan untuk dapat membersihkan lahan perkebunan agar apabila satwa tersebut berada di areal perkebunan dapat terlihat dari jarak jauh. Tim juga memasang plang peringatan dan berpesan untuk selalu waspada dalam melakukan pekerjaannya serta tidak beraktivitas sendiri sendiri.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini