Pelaksanaan Tranlokasi 6 Raptor Oleh BKSDA Yogyakarta Bersama Mitra

Senin, 08 Februari 2021

Yogyakarta, 8 Februari 2021, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bersama Centre for Orangutan Protection (COP) dan Wildlife Rescue Centre (WRC) Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) baru saja melakukan translokasi 6 (enam) ekor raptor terdiri dari Elang brontok (Nisaetus cirrhatus) sebanyak 5 (lima) ekor dan Elang ular bido (Spilornis cheela) sebanyak 1 (satu) ekor ke Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (BTNGHS), Jawa Barat, Sabtu (6/2/21).

Persiapan menyeluruh telah dilakukan sebelumnya meliputi administrasi, tes kesehatan serta handling satwa yang dilakukan bersama dengan WRC YKAY dan COP untuk memastikan kesiapan satwa.  Setelah proses persiapan selesai, tim translokasi berangkat dengan perjalanan darat menuju PSSEJ di Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sampai di lokasi tujuan, petugas PSSEJ segera melakukan pengecekan dokumen dan fisik satwa oleh Septi Dewi Cahaya, S.Kh selaku dokter hewan dan tim PSSEJ-BTNGHS. Serah terima satwa dari BKSDA Yogyakarta kepada Balai TNGHS diterima oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha yaitu Dr. Pairah, S.Si., M.P.

Dihubungi terpisah, Kepala BKSDA Yogyakarta M. Wahyudi mengapresiasi pelaksanaan translokasi raptor ini. “Kegiatan tanslokasi ini bertujuan untuk mempercepat proses rehabilitasi elang dalam rangka pelepasliaran, harapan kami proses rehabilitasi berjalan dengan lancar sehingga raptor dapat kembali ke habitatnya.”  jelasnya.

Lebih lanjut, M. Wahyudi menyampaikan terimakasihnya kepada Balai TNGHS, “Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Balai TNGHS yang telah berkenan menerima elang dari YKAY yang saat ini sedang kesulitan pembiayaan. Setelah elang yang ditranslokasikan ini dilepasliarkan dan tersedia tempat kosong untuk menampung raptor, kami berharap dapat dilakukan translokasi raptor lagi di tempat yang sama.” tutupnya.

 

Sumber                                    : Giyono (Pohut Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita : Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi                : Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini