Aksi Kolektif Untuk Pelestarian Meru Betiri

Senin, 08 Februari 2021

Jember, 8 Februari 2021. Banjir yang beberapa kali melanda desa-desa penyangga Taman Nasional (TN) Meru Betiri di wilayah Kecamatan Tempurejo akhirnya menyadarkan banyak pihak bahwa butuh penanganan yang lebih terhadap kelestarian TN Meru Betiri. Sebagai catchment area yang akan menahan air saat penghujan sehingga tidak terjadi run off, kawasan TN Meru Betiri disadari mempunyai peran penting dalam menekan terjadinya banjir di wilayah hilir sehingga upaya pemulihan ekosistem terus dilakukan TN Meru Betiri setiap tahunnya di 3 Desa yang terdampak banjir yaitu Desa Wonoasri, Andongrejo dan Curahnongko.

Diinisiasi oleh Kepolisian Resort Jember, bertempat di Blok Kandang motor, Resort Andongrejo, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu, Balai TN Meru Betiri pada hari Sabtu tanggal 6 Februari 2021 mengadakan kegiatan aksi kolektif penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember, TN Meru Betiri dan Universitas Jember. Diikuti lebih dari 300 orang dari Balai TN Meru Betiri, Polres Jember, Kodim 0824 Jember, Yonif Raider 509, Universitas Jember, dan Masyarakat yang berasal dari desa sekitar kawasan TN Meru Betiri (Desa Andongrejo dan Curahnongko).

“Ini adalah sebuah momentum dan inisiatif yang luar biasa dari Forkopimda yang harus kita lakukan bersama demi mewujudkan kelestarian TN Meru Betiri di masa depan,” unkap Maman Surahman, Kepala Balai TN Meru Betiri, dalam sambutannya pada aksi kolektif pelestarian TN Meru Betiri ini.

Sebagai bentuk kepedulian dan keseriusan seluruh pihak dalam kegiatan ini, semua peserta melaksanakan kegiatan penanaman sebanyak 2000 bibit tanaman di zona rehabilitasi. Bibit yang ditanam berjenis Kepuh dan Beringin sebagai tanaman kehutanan, serta tanaman Multy Purpose Tree Species (MPTS) dengan jenis Durian, Petai dan Alpukat.

“Sengaja kita memilih jenis tanaman kehutanan dan MPTS supaya fungsi ekologi dan ekonomi dapat berjalan dengan baik, dari jenis tanaman MPTS kita harapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan mendongkrak perokonomian mereka,” kata Maman.

Sumber : Humas Balai Taman Nasional Meru Betiri

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini