Penyu Hijau Ditemukan Mati di Pantai Congot, Personel Resort Kulon Progo Segera Meluncur ke TKP

Kamis, 28 Januari 2021

Yogyakarta 27 Januari 2021, Polhut Balai KSDA Yogyakarta melakukan pengecekan ke lokasi ditemukannya bangkai Penyu Hijau (Chelonia mydas) yang ditemukan di Pantai Congot Kulon Progo, Hari Selasa (26/1/21).

Penemuan penyu hijau tersebut berasal dari informasi Koordinator SAR Wilayah Pantai Glagah, Aris Widiatmoko yang melaporkan adanya penyu hijau di Pantai Congot dalam kondisi mati. Menurut Aris, penyu pertama kali ditemukan oleh Wagimin, warga congot di hari yang sama pada sekitar jam 05.30 WIB.

Menerima laporan penemuan bangkai penyu tersebut, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menginstruksikan tim RKW Kulonprogo untuk menindaklanjuti informasi yang diterima dari masyarakat tersebut. “Saya minta personel Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulon Progo untuk segera merapat ke Pantai Congot menindaklanjuti laporan masyarakat dann melakukan analisa penyebab kematian penyu hijau tersebut”.  tegas M. Wahyudi.

Sampai di lokasi, Tim RKW Kulonprogo mendapati penyu telah dikubur oleh anggota Sarlinmas dan masyarakat sekitar pantai pada pukul 06.00 WIB. Untuk memastikan keberadaan bangkai penyu, dilakukan pembongkaran di TKP oleh Tim RKW Kulon Progo dan anggota Sarlinmas disaksikan nelayan Pantai Congot. Dari hasil pemeriksaan diketahui penyu hijau betina 1 (satu) ekor berukuran panjang 95 cm dan lebar 60 cm dengan berat 35 kg. Diduga penyu mati karena faktor makanan.

Setelah selesai dilakukan pengecekan, penyu kembali dikubur dan sebagai kelengkapan administrasi atas dasar data dilapangan  petugas RKW Kulon Progo membuat BAP penemuan dan penguburan bangkai penyu hijau tersebut.

Sumber : Purwanto - Polhut Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini