Dibantu Masyarakat, BBKSDA Sumut Rescue Siamang

Rabu, 06 Januari 2021

Tim melakukan Evakuasi Siamang di Bahorok 

Stabat, 5 Januari 2021. Mengawali tahun 2021, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Stabat Bidang KSDA Wilayah I melakukan rescue terhadap 1 individu Siamang yang sebelumnya dilaporkan oleh masyarakat sedang berada di perladangan sawit muda  di Desa Sempa Jaya, Kecamatan Bahorok, Langkat. Satwa liar siamang ini sudah terlihat sejak sebulan terakhir.

Menindaklanjuti laporan tersebut, pada Senin 4 Januari 2021, Tim dari SKW II Stabat bersama lembaga mitra YOSL-OIC dan dibantu masyarakat setempat melakukan rescue terhadap satwa liar tersebut dengan melakukan pembiusan oleh drh. Jenni dari YOSL-OIC.

Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa kondisi siamang sehat, dewasa, dan berjenis kelamin jantan. Sedangkan dari perilakunya  diduga satwa liar ini sebelumnya adalah peliharaan warga dan kemudian dilepaskan ke dalam kawasan hutan.  Namun karena tidak melalui tahapan rehabilitasi mengakibatkan siamang ini pun  keluar kembali  dari kawasan hutan dan berinteraksi dengan warga.

Untuk penanganan lebih lanjut, satwa ini kemudian dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit guna menjalani perawatan dan rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitatnya.

Sumber : Seksi Konservasi Wilayah II Stabat - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini