Perahu Fiber Kelompok Lolo Bajo

Senin, 04 Januari 2021

Pasitallu Timur, 4 Januari 2021 - Kelompok "Lolo Bajo" binaan Balai Taman Nasional Taka Bonerate melanjutkan pembuatan mal/cetakan untuk pembuatan sampan yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari hasil laut (memancing dan memanah ikan).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan oleh Balai TN Taka Bonerate melalui pemberian bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif. Bantuan ini diberikan untuk mendorong masyarakat setempat agar dapat lebih mandiri dalam pengembangan ekonomi produktif di desanya. Selain untuk pengembangan usaha penunjang wisata, dana bantuan kelompok "Lolo Bajo" juga dimanfaatkan untuk pembuatan sampan fiber secara mandiri. Pembuatan sampan ini dilakukan untuk mempermudah memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan sampan sebagai penunjang usaha mencari ikan, tanpa harus membeli sampan kayu dari luar pulau.

 

Dalam pembuatan sampan fiber ini, masyarakat setempat yg tergabung dalam kelompok “Lolo Bajo” didampingi oleh petugas Resort Pasitallu Timur. “Sampan fiber ini secara kualitas juga akan lebih tahan lama dibandingkan sampan yang berbahan kayu”, ungkap Hendra Marannu (Komandan Resort Pasitallu Timur).

 

Sumber teks: Hendra Marannu (Polhut TN Taka bonerate)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini