Dua Bulan Dirawat, Trenggiling Hasil Evakuasi Siap Dilepasliarkan

Kamis, 19 November 2020

Jakarta, 18 November 2020. Balai KSDA Jakarta melalui PPS Tegal Alur pada tanggal 8 September 2020 yang lalu menerima 1 (satu) ekor trenggiling (Manis javanica) hasil penyerahan masyarakat. Saat diterima kondisi satwa tersebut ditemukan luka di bagian leher dengan berat badan yang tidak ideal. Perawat satwa dan dokter kemudian segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan terhadap trenggiling tersebut meliputi pemeriksaan fisik; penentuan jenis kelamin; pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan darah dan feses; dan pemasangan microchip. Setelah pemeriksaan selesai dilaksanakan, kemudian dilakukan pengobatan terhadap luka di bagian leher.

Dokter dan perawat satwa kemudian terus melakukan perawatan terhadap satwa yang termasuk dilindungi dalam PermenLHK N0. 106 tahun 2018 dan status kategori terancam punah (critically endangerd) dalam IUCN Red List ini. Perawatan dilakukan dengan pengamatan tingkah laku dan pola makannya.

Selama hampir dua bulan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengamatan tingkah laku oleh Tim Dokter dan perawat satwa, disimpulkan bahwa satwa trenggiling tersebut masih terlihat sifat alaminya. Selain itu berdasarkan hasil dari pemeriksaan kesehatan dan laboratorium tidak ditemukan adanya penyakit infeksius. Saat ini, satwa tersebut sedang menunggu untuk dilepasliarkan ke habitat alaminya.

Sumber : Balai KSDA Jakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini