Sertifikasi Basic Remote Pilot Fasi XV Batam di TWA Muka Kuning

Selasa, 06 Oktober 2020

Batam, 4 Oktober 2020 - Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning menjadi lokasi ujian praktik Sertifikasi Basic Remote Pilot FASI XV Batam yang diadakan oleh Binpotdirga TNI AU, Federasi Aero Sport Indonesia, dan Lanud Hang Nadim. Tentunya dengan skala terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan covid-19.

Peserta sebanyak 32 orang berasal dari beberapa instansi di Batam, yaitu Balai Besar KSDA Riau, Manggala Agni Daops Batam, KPHL Unit IV Batam, BP Batam, KemenPUPR, dan penggemar Drone Kota Batam dan Tanjung Pinang.

Paban II Puan Sportdirga, sekaligus ketua UAV-Drone FASI, Kol. Pnb. Agung Sasongkojati menyampaikan Sertifikasi remote pilot dilaksanakan untuk melatih pilot agar tidak menggangu dan menghalangi penerbangan, hal ini menjadi penting karena batam merupakan wilayah Air Controlable Space, sehingga dalam setiap kegiatan yang memanfaatkan ruang udara, harus ada notifikasi khusus kepada otoritas penggunaan ruang udara, Airnav.

  

Lokasi TWA Muka Kuning dipilih sebagai lokasi uji praktik sertifikasi dengan mempertimbangkan daya dukung lokasi, seperti arah angin, keberadaan bukit, lembah, jarak dari bandar udara terdekat, dan fasilitas pendukung. Tentunya sudah melalui hasil uji coba dan penilaian lapangan oleh Tim Lanud Hang Nadim dan Fasi yang sudah dilaksanakan sebelumnya, sehingga TWA Muka Kuning mempunyai potensi untuk menjadi lokasi latihan bersama ataupun latihan Aero Sport, terutama UAV Drone dan paralayang sebagaimana disampaikan Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol. Pnb Urip Widodo.

Semoga TWA Muka Kuning akan menjadi daya tarik tersendiri baik bagi komunitas maupun pengunjung dari domestik maupun manca negara kelak Ketika masa pandemic Covid-19 sudah usai dan telah dibuka kembali secara resmi.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini