Rangka Paus Terdampar Di Ohoi Yamtinur

Kamis, 01 Oktober 2020

Sabtu, 26 September 2020 - akun media sosial Facebook milik Ardy Romet memposting video dan berita terkait terdamparnya bangkai mamalia laut berukuran besar di Ohoi Yamtinur, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara. Akun tersebut menyebutkan bahwa mamalia tersebut adalah jenis Ular Naga Raksasa.  

Untuk mencegah kesimpangsiuran berita, pada hari Senin (28/09), petugas Resort KSDA Tual, Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Gugus Pulau VIII, serta LSM lokal berangkat untuk melihat bangkai mamalia dimaksud. Bersama dengan perangkat pemerintah setempat dan anggota Polri, tim melakukan identifikasi pada bangkai mamalia tersebut.

 

Hasil identifikasi menunjukkan bahwa mamalia tersebut merupakan jenis paus dari famili Balaenopteridae dengan panjang 12,75 m, panjang kepala 2, 80 m, dan panjang rahang bawah 2,95 m. Kondisi Paus telah mencapai kode 5 dimana tulang dan daging telah terpisah. Saat ini, rangka paus masih terletak di pantai, hanya saja kedua tulang rahang sudah berhasil di angkat ke rumah Sekretaris Ohoi.

 

Sumber : Justinus P. Yoppi Jamlean (Kepala Resort Tual) Balai KSDA Maluku

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini