Pelatihan identifikasi Harimau Sumatera di Taman Nasional Batang Gadis

Senin, 28 September 2020

Senin, 28 September 2020 - Telah dilaksanakannya kegiatan pelatihan identifikasi Harimau Sumatera yang dilaksanakan di Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) pada tanggal 25 September 2020 serta langsung dibuka oleh Bapak Kepala Balai melalui zoom meeting dan dengan pemateri oleh Bg Harray Sam Munthe yang akrab disapa Bg Harray yang sudah menyibukkan dirinya selama 8 tahun belakangan ini di dalam kawasan hutan untuk mencari dan mempelajari tentang kehidupan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Selanjutnya tanggal 26 September 2020 kita bertolak ke Desa Paga Gunung dengan peserta Peh, Polhut, serta Penyuluh Balai TN. Batang Gadis untuk mempelajari langsung atau mengenal tentang perilaku satwa kunci tersebut.

Dalam kegiatan ini kita mempelajari serta mancari tanda-tanda jejak yang ditinggalkan oleh harimau sumatera sebagai bukti keberadaan serta prilaku sehari-hari di dalam habitat aslinya. Dalam prakteknya tersebut peserta menanyakan jejak seperti apa yang biasanya yang ditinggalkan serta tanda apa yang lebih jelas untuk diidentifikasi langsung oleh petugas yang menemukan. Dalam praktek langsung, pemateri menunjukkan tanda jejak kepada peserta sebagai tanda keberadaan satwa kunci tersebut yaitu akar yang dipatahkan biasanya sebesar batang rokok oleh cakaran dimana tanda tersebut sudah cukup lama dengan tanda yang diberikan.

Semoga dalam kegiatan ini menambah wawasan kita sebagai petugas konservasi dalam identifikasi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) untuk dijaga dan dilindungi sebagai satwa kunci yang sudah terancam dari kepunahan serta sebagai satwa penyeimbang ekosistem hutan.

 

Sumber: Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini