TNBG Gelar Kegiatan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Melalui Metode METT

Senin, 28 September 2020

Senin, 28 September 2020 - Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) melaksanakan kegiatan penilaian efektivitas Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Batang Gadis di Hotel DSan Panyabungan pada hari Senin, 21 September 2020. Acara ini dibuka oleh Kepala Balai TN.Batang Gadis Bapak Ir. Sahdin Zunaidi, M.Si secara daring melalui aplikasi zoom. Hadir sebanyak 32 peserta undangan yang terdiri dari kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Madina, perwakilan Bappeda Kab Madina, para Camat, Kepala Desa/Lurah sekitar kawasan TNBG, LSM lokal yang aktif dalam konservasi, para struktural, kepala resort dan staf Balai TNBG.

Penilaian efektifitas pengelolaan ini difasilitasi oleh fasilitator Ubdit Perencanaan Pengelolaan KK, Direktorat Kawasan Konservasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggunakan metode METT (Management Effectiveness Tracking Tool) yang merupakan perangkat pengkajian tingkat efektifitas pengelolaan sesuai dengan visi, misi dan tujuan pengelolaan yang telah ditentukan sebelumnya, sesuai dengan peraturan Dirjen KSDAE No.15/KSDAE-SET/2015 tentang Pedoman Penilaian Efektifitas Pengelolaan Kawasan Konservasi di Indonesia.

Penilaian ini merupakan pembaharuan penilaian pada tahun 2018, dimana hasil akhir diperoleh kenaikan nilai sebesar 5 poin untuk tahun 2020.Melalui penilaian ini Balai TNBG mendapat masukan untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan sesuai visi misi yang disusun dalam rencana pengelolaan..Serta tak lupa kegiatan ini tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol covid-19.

 

Sumber: Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini