Jelajah Geotrek Kelimutu, Mengungkap Potensi Geologi yang Lama Tersimpan

Jumat, 25 September 2020

Ende, 25 September 2020. Pulau Flores menyimpan cukup banyak potensi wisata geologi, khususnya pada kawasan Taman Nasional (TN) Kelimutu yang kemudian mendorong adanya kegiatan Jelajah Geotrekking yang dilaksanakan di sekitar kawasan taman nasional. Jelajah Geotrek Kelimutu merupakan kegiatan wisata minat khusus yang dilaksanakan dengan trekking ke berbagai spot geologi di TN Kelimutu dan sekitarnya, diantaranya Mutubusa-Sokoria, Dusun Toba Desa Roga, Pantai Nggela, Desa Waturaka dan Danau Kelimutu. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23-25 September 2020 yang diikuti berbagai mitra Balai TN Kelimutu baik dari pemerintah Kab. Ende, Sustour, fotografer, wartawan, travel operator, dosen, guru serta ikut sebagai mentor dalam kegiatan ini Bapak Drs T Bachtiar dan Bapak Deni Sugandi, yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan geotrek di wilayah Jawa Barat.

Dari spot-spot geologi yang dikunjungi, terdapat beragam potensi geodiversitas seperti air panas alam, fumarol, air terjun, bebatuan tepi pantai, dan tentu saja kawah danau tiga warna. Dan dalam interpretasinya, Jelajah Geotrek Kelimutu tidak sekedar membicarakan geologi tapi juga melihat hubungan berbagai hal baik itu budaya, tradisi, infrastruktur lokal, hasil pertanian dengan kondisi geologi setempat.

Potensi wisata geologi yang tinggi dikarenakan Pulau Flores merupakan pulau yang terbentuk dari letusan - letusan gunung berapi dan pegunungan vulkanik muda dengan aktifitas kegempaan yang cukup tinggi, terutama pada tahun 1992 dengan besaran gempa 7,5 Skala Richter. Sehingga TN Kelimutu tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati namun juga kaya akan geodiversitas yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai geowisata, hal ini seiring dengan rencana pembentukan kawasan Geopark Kelimutu kedepannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini