Bantuan Pakan Dan Obat-Obatan Untuk Dua Lembaga Konservasi Binaan BBKSDA Sumut

Kamis, 03 September 2020

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara menyerahkan bantuan kepada Taman Marga Satwa Medan Zoo (gbr. Kiri) dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan (gbr. Kanan)

Medan, 2 September 2020. Balai Besar KSDA Sumatera Utara telah melakukan pendataan terhadap lembaga konservasi dibawah binaannya yang terdampak pandemi COVID-19 dan perlu penanganan berupa dukungan, ujar Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. Dari hasil pendataan ditetapkan 2 (dua) lembaga konservasi, yaitu Taman Marga Satwa Medan Zoo dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan yang mendapat bantuan berupa pakan satwa serta obat-obatan, dan pemberian bantuan secara simbolis  dilaksanakan pada Rabu, 2 September 2020, bertempat di Taman Marga Satwa Medan Zoo.

Bantuan yang diberikan kepada Taman Marga Satwa Medan Zoo berupa pengadaan pakan, yang bernilai Rp.70 juta, yang diterima langsung Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Drs. Putrama  Alkhari Sedangkan bantuan untuk Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan berupa bantuan pakan dan obat-obatan untuk Sanctuary Harimau Barumun sebesar Rp. 20 juta., diterima Jondi, Manager Yayasan.

“Tujuan pemberian pengadaan pakan dan obat-obatan bagi satwa terdampak COVID-19 di lembaga konservasi untuk menjamin kelangsungan hidup dan kesejahteraan satwa pada lembaga konservasi,” ujar Hotmauli.

Lebih lanjut Hotmauli menjelaskan, bahwa pemberian bantuan ini mengacu kepada Peraturan Direktur Jenderal KSDAE Nomor : P.1/KSDAE/KKH/KSA.2/4/2020 tanggal 30 April 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pakan dan Obat-obatan Untuk Satwa di Lembaga Konservasi Terdampak COVID-19.

“Kalau dilihat dari jumlahnya bantuan ini relatif kecil, dan kami berharap semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban bagi Taman Marga Satwa Medan Zoo dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan. Bantuan ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat pengelola untuk memperhatikan kesejahteraan satwa,” ujar Hotmauli mengakhiri sambutannya.

Direktur PD. Pembangunan Kota Medan Drs. Putrama Alkhairi, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diserahkan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan menjadikan bantuan ini sebagai warning sekaligus motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dalam meningkatkan kesejahteraan satwa.

Sedangkan Manager Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan, Jondi, dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan berjanji akan menggunakan serta mengelola bantuan ini seefektif serta seefisien mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan satwa di Sanctuary Harimau Barumun.

Acara penyerahan bantuan pakan dan obat-obatan kepada lembaga konservasi, turut dihadiri tamu dan undangan dari Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Balai Pengelolaan DAS Wampu Sei Ular, Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah II Medan, BPKH Wilayah I Medan, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera, serta wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun media online.

Pandemi COVID-19 menyebabkan ditutupnya lembaga konservasi, berdampak pada menurunnya pendapatan untuk pengelolaan khususnya pakan dan obat-obatan bagi satwa yang ada di lembaga konservasi. Lembaga Konservasi merupakan lembaga yang bergerak di bidang konservasi tumbuhan dan/atau satwa liar di luar habitatnya (ex-situ), baik berupa lembaga pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) melakukan penanganan satwa di beberapa lembaga konservasi yang menjadi prioritas dan layak untuk mendapatkan bantuan, khususnya yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini