Rapat Kegiatan, Pokja Database “Kami Menyebutnya Totalitas”

Selasa, 20 Juni 2017

Sofifi, 20 Juni 2017. Tidak hanya kali ini, rapat informal tentang pengelolaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) sudah sangat sering dilaksanakan. Pelaksanaannya bisaanya dilaksanakan diluar kantor Balai TNAL seperti di cafe-cafe. Kali ini pertemuan dilaksanakan di dua tempat, tempat pertama di gedung Pusat Informasi dan dilanjutkan ke cafe desa Galala.

Pertemuan ini membahas tentang beberapa hal, antara lain pembuatan dokumen DED (Detail Engineering Design) yang sekaligus mencakup dokumen studi kelayakan/FS (Feasibility Study) dan Festival Taman Nasional di Bayuwangi. Pertemuan yang dihadiri oleh tenaga ahli dari Yogyakarta, koordinator fungsional dan beberapa kelompok kerja (Pokja) salah satunya adalah Pokja Database.

Pembahasan pertama menyangkut pembuatan dokumen DED yang merupakan kelanjutan dari dokumen Site Plan Wisata Alam yang telah disahkan pada tahun 2015 lalu. Seperti biasa, metode pertemuan diawali dengan penyampaian impian-impian oleh semua peserta yang akan didengarkan dan dicatat oleh tenaga ahli.

“Mohon disampaikan semua impian, usulan dan keterangan lain terkait wisata di TNAL dengan catatan jangan terpaku dan dibatasi oleh anggaran agar impian pengelolaan TNAL menjadi optimal”, menurut arahan Kepala Balai, Sadtata Noor Adirahmantha, S.Hut., MT. Beliau juga menyampaikan kepada kedua tenaga ahli agar mendengarkan dan mencatat semua impian dan usulan dari teman-teman pegawai TNAL.

Pertemuan yang dilaksanakan pada malam hari tanggal 16 Juni 2017 ini menghasilkan banyak masukan dan keputusan mengenai dokumen dan keikutsertaan TNAL dalam acara Festival TN di Banyuwangi, yaitu keesokan harinya akan dilaksanakan survey lapangan terkait pembuatan dokumen DED dan konsep desain booth dan lomba film di Festival TN. Acara pertemuan kemudian dilanjutkan ke cafe.

Salah satu anggota Pokja Database menyatakan bahwa, “Pertemuan seperti ini, walaupun diluar jam kerja, walaupun menyita tenaga, kami tetap laksanakan dan kami menyebutnya ‘Totalitas’”.

Bagaimana hasil dokumen DED dan desain booth TNAL di Festival TN? Kita tunggu di Festival TN di Banyuwangi.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini