Kegiatan peringatan HKAN 2020 di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa

Senin, 10 Agustus 2020

Kaledupa, 10 Agustus 2020 - Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) ditetapkan setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan keputusan Presiden RI no 22 tahun 2009, merupakan upaya untuk menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam, memasyarakatkannya, dan menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa.

Dengan mengusung tema Nagara rimba nusa merawat peradaban alam, Balai Taman Nasional Wakatobi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan para stakeholder melaksanakan kegiatan peringatan HKAN 2020 di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa yang diikuti oleh lebih kurang 60 orang peserta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan covid-19.

Rangkaian kegiatan Peringatan HKAN Tahun 2020, diawali dengan aksi bersih pantai yang berlokasi di pesisir pantai Desa Ambeua raya. Lebih kurang sebanyak 750 kg sampah dikumpulkan yang di dominasi sampah plastik dan sampah rumah tangga.
Kegiatan bersih pantai ini tentunya bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat pesisir serta sebagai wujud pendalaman makna peringatan HKAN, sehingga menjadi tambahan spirit dan bekal dalam melakukan upaya konservasi alam.

Selain kegiatan bersih pantai, pada peringatan HKAN 2020 ini, juga dilaksanakan penanaman mangrove, sebanyak 1000 bibit mangrove dengan jenis Rhizopora sp.
Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan mempertahankan hutan mangrove, dan juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis. 
Selain dari pihak Taman Nasional Wakatobi, kegiatan penanaman juga dihadiri oleh Bapeda Wakatobi, Camat Kaledupa, Lakina Barata Kahedupa, Kapolsek kaledupa, Danramil Kaledupa, Perangkat Desa Ambeua Raya, Karang Taruna, anggota Kelompok Pecinta Alam serta masyarakat sekitar.

Kepalai Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman, S.Hut, MSc menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan bersih pantai dan penanaman ini masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove mengingat fungsi mangrove yang sangat banyak baik secara ekologis maupun ekonomis. Keterlibatan masyarakat untuk melindungi merupakan salah satu kunci kelestarian mangrove di kawasan Taman Nasional Wakatobi khususnya di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa.

 

Sumber: Balai TN Wakatobi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini