Dugong Ditemukan Mati Terdampar Di Tepi Pantai Desa Tengah-Tengah

Jumat, 24 Juli 2020

Salahutu, 22 Juli 2020. Ditemukan 1 (satu) ekor Dugong (Dugong dugon) yang terdampar di sekitaran pantai Desa Tengah-Tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pukul 17.30 WIT (22/7).

Satwa tersebut ditemukan pertama kali oleh sdr. Iwan Walli dan pada saat ditemukan satwa tersebut sudah dalam kondisi mati. Diperkirakan satwa tersebut sudah mati sekitar 2 hari yang lalu.

Dari hasil observasi yang dilakukan oleh petugas dari Balai KSDA Maluku, PSPL Sorong dan DKP Provinsi Maluku diketahui bahwa satwa tersebut memiliki panjang 320 cm, lingkar badan 226 cm dan berjenis kelamin jantan.

Satwa diperkirakan mati akibat terdampar ke wilayah karang-karang yang berada di sekitaran pantai tersebut, hal ini diperkuat dengan kondisi tubuh satwa terdapat banyak bekas luka yang diakibatkan oleh gesekan benda tumpul seperti karang dan bebatuan.

Wilayah perairan Salahutu merupakan salah satu habitat dari satwa Dugong, masyarakat sekitar sering menemukan satwa tersebut sedang bermain dan mencari makan di wilayah perairan. Saat ini bangkai dugong sudah dimusnahkan dengan cara dikubur di sekitar Kandang Transit Passo.

Sumber : Kacuk Seto Purwanto, S.Hut - POLHUT Balai KSDA Maluku

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini