Bekantan Selamat dari Sengatan Listrik

Senin, 18 Mei 2020

Paringin, 15 Mei 2020. Jalur listrik Paringin - Lampihong, Rabu (13/5) pagi seketika padam. Petugas PLN sedang melakukan pengecekan pada jalur tersebut. Ternyata, penyebab padamnya listrik karena seekor bekantan terlilit kabel di Desa Teluk Karya, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan. Primata dilindungi ini akhirnya berhasil dievakuasi petugas dan dibawa ke kantor PLN Paringin. Kamis (14/5) sekitar pukul 11.00 Wita, KPH Balangan mendapatkan info dari Polres Balangan via sambungan telepon terkait penemuan bekantan yang sudah dievakuasi PLN Paringin tersebut.

Tak menunggu waktu lama, setelah berkoordinasi dengan Balai KSDA Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel), personel KPH Balangan bersama anggota Polres dan Dinas Pertanian Balangan, serta dokter hewan setempat langsung melakukan penjemputan bekantan untuk melakukan pemeriksaan awal. Menurut keterangan dari dokter hewan, bekantan mengalami stres akibat tersengat aliran listrik. Namun, kondisi fisiknya tidak terganggu.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan, M Emir Faisal mengatakan, sekitar pukul 15.30 Wita pihaknya melakukan penyerahan bekantan kepada petugas BKSDA Resort Banua Enam (CA Gunung Kentawan). Mereka juga langsung melakukan penjemputan pada hari yang sama, sekaligus penandatanganan BAP di Kantor KPH Balangan. Penandatanganan disaksikan oleh anggota Polres dan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan.

“Terima kasih kepada pihak terkait, khususnya petugas PLN Paringin yang langsung berinisiatif menyelamatkan salah satu satwa dilindungi ini. Terlambat sedikit saja, mungkin kita akan mengevakuasi bangkainya saja. Save bekantan,” kata Emir. (f/kphbalangan)

Sumber : Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini