Menggali Kreativitas Anak Desa Jinato Dimasa Pandemi

Rabu, 13 Mei 2020

Resort Jinato - Taman Nasional Taka Bonerate, 13 Mei 2020. Masa pandemi dan bulan puasa tidak menyurutkan untuk melakukan hal-hal kreativitas di lapangan yang tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan atau pencegahan covid 19, yaitu memakai masker dan jaga jarak.

Seperti yang dilakukan petugas Penyuluh Balai Taman Nasional Taka Bonerate yang berada di Resort Jinato, Syamsuriani atau Nani - sapaan akrabnya. Nani bersama dengan petugas lainya kemarin (12/05) mengumpulkan beberapa anak-anak Desa Jinato untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas tripleks dan pasir.

"Pertama-tama, siapkan bahan dan alat. Pasir yang digunakan terlebih dahulu diayak untuk mendapatkan tekstur yang bagus dan halus. Kemudian triplek yang digunakan diolesi lem putih dan ditaburi pasir keseluruh permukaan atau sesuai bentuk pola yang diolesi lem. Kemudian hasilnya dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, lalu diberi warna sesuai yang diinginkan dan dikeringkan kembali. Nah untuk lebih kuat dan pasir tidak terhambur maka diolesi kembali dengan lem putih yang sedikit lebih cair dan dikeringkan kembali sebagai tahap akhir," jelas Nani didepan anak-anak.

Anak-anak Desa Jinato yang sempat hadir sangat antusias mengikuti giat ini, selain mendapatkan ilmu baru juga bisa mengisi kekosongan waktu sekolahnya yang untuk sementara ditiadakan sembari menunggu waktu berbuka puasa.

"Masing-masing hasil karyanya bisa dibawa pulang, dipajang dirumah dan sampaikan salam buat orang tuanya, datang lagi ya besok," tutup Nani.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

[Teks & Foto : Rezki Mutmainnah @rezki_mutmainnah - PEH Pertama, Editor : Asri @asritntbr - PEH Penyelia]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini