Monitoring Tapir di Kawasan TNBG

Selasa, 12 Mei 2020

Mandailing Natal, 12 Mei 2020. Tapir adalah binatang herbivora yang memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, tubunya berwarna hitam dan putih sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. Tapir merupakan hewan yang soliter, kecuali pada musim kawinnya. Aktivitasnya lebih banyak pada malam hari (nokturnal). Aktivitas makan biasanya dilakukan sambil tetap terus berpindah dalam jalur yang berpindah-pindah. Jangkauan jelajah tapir sangat luas karena mereka cenderung berjalan jauh untuk menemukan lokasi yang kaya garam mineral.

Kondisi tapir yang ada di kawasan Taman Nasional Batang Gadis relatip aman karena masih banyak ditemukan keberadaan tapir diberbagai titik dikawasan tersebut dilihat dari hasil pemasangan kamera trap yang dilakukan oleh petugas Taman Nasional Batang Gadis. Tapir di Taman Nasional Batang Gadis belum pernah ditemukan mati akibat dari serangan predator lain sehingga dapat dikatakan binatang ini berkembang secara alami dikawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis.

Pelaksanaan kegiatan Monitoring tapir (Tapirus indicus)  dengan pemasangan kamera trap selama 05 (lima) hari terhitung mulai tanggal 05 s.d 09 Pebruari 2020 di Seksi PTN Wil. III Resot 7 Hutan Desa Sopotinjak Kec. Batang Natal. Maksud dilaksanakan monitoring Tapir (Tapirus indicus) dengan pemasangan kamera trap adalah untuk Mendapatkan data sebaran populasi dan habitat tapir (Tapirus indicus) yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Tujuan dilaksanakan monitoring Tapir (Tapirus indicus) dengan pemasangan kamera trap adalah Untuk mengetahui Kelimpahan relatif Tapir (Tapirus indicus)  di kawasan Taman Nasional Batang Gadis sehingga dapat dilaksanakan pengelolaan berkelanjutan di bidang KEHATI Fauna Khususnya Tapir (Tapirus indicus).  Ruang Lingkup Tapir (Tapirus indicus)  ini merupakan pengumpulan  data dan informasi yang berkaitan dengan keberadaan Tapir. Selain itu juga melakukan pengamatan terhadap habitat Tapir.

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini