Tukik Penyu Hijau (Chelonia Mydas) Kembali Menetas Di SM Cikepuh

Rabu, 07 Juni 2017

7 Juni 2017.  Sebanyak 50 ekor tukik berhasil menetas di sarang semi alami Suaka Margasatwa Cikepuh pada tanggal 07 Juni 2017. Penetasan tukik-tukik tersebut berasal dari seekor Penyu hijau (Chelonia Mydas) yang mendarat pada tanggal 22 Maret 2017 di pantai Citirem SM. Cikepuh yang merupakan wilayah kerja Seksi Konservasi Wilayah II Bogor, Bidang KSDA Wilayah I Bogor BBKSDA Jawa Barat dan bertelur sebanyak 56 butir. Pantai Citirem merupakan salah satu pantai di SM. Cikepuh merupakan pantai yang potensial menjadi pendaratan Penyu hijau untuk bertelur, hal ini dibuktikan dengan seringnya Penyu hijau mendarat disana.

Berselang beberapa menit setelah penyu indukan kembali ke laut, petugas Resort Konservasi Wilayah V CIkepuh bersama PAM Swakarsa, melakukan pemindahan telur dari sarang alami ke sarang semi alami, yang dilakukan dengan extra hati-hati dengan tidak mengubah posisi awal telur pada sarang alami, hal ini dilakukan  untuk menghindari kegagalan menetas.

Masa inkubasi telur penyu hijau biasanya sampai menetas mencapai 60-80 hari, pada hari inkubasi ke-78 hari yaitu pada tanggal 07 Juni 2017 telur-telur tersebut menetas dengan tingkat keberhasilan jumlah telur yang menetas mencapai  89,28 %, yaitu 50 butir dari 56 butir. Kondisi tukik-tukik tersebut saat menetas adalah 50 ekor dalam keadaan sehat, saat ini tukik-tukik tersebut dirawat di kolam pemeliharaan penyu SM Cikepuh sebelum dilepasliarkan.

Sumber Info : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini