Laporan Lokasi Baru Peneluran Penyu TN Bunaken Ditengah Pandemi Covid-19

Kamis, 16 April 2020

Manado, 16 April 2020. Selama penutupan sementara kawasan dari aktivitas wisata diving dan snorkeling dimasa pandemik Covid-19, membawa berkah lainnya bagi kehidupan satwa, beberapa penyu naik ke daratan untuk bertelur, seperti yang terjadi di Pantai Pasir Panjang Pulau Bunaken.

Hingga kemarin Rabu 15 April 2020, hasil pemantauan lapangan tercatat sebanyak 3 ekor penyu naik ke daratan, dengan jumlah telur sebanyak 341 butir. Kami memiliki beberapa site monitoring seperti di Pantai Muka Kampung, Pulau Bunaken dan Pantai Pulau Siladen Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I dan Pantai Tanjung Kelapa Poopoh dan Pantai Wawontulap SPTN Wilayah II, untuk Pantai Paser Panjang adalah laporan pertama yang disampaikan oleh masyarakat melalui Masyarakat Mitra Polhut (MMP) binaan kita, ungkap Farianna Prabandari Kepala Balai Taman Nasional Bunaken.

Farianna menyampaikan bahwa penyu hijau adalah spesies yang paling sering ditemui di perairan Pulau Bunaken selain Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), satwa ini sering terlihat oleh para diver saat melakukan penyelaman atau dengan menaiki perahu kaca/ katamaran, bahkan menjadi objek fotografi.

Di bulan Maret - April, adalah bukan waktu bagi penyu hijau untuk naik ke daratan dan bertelur, walapun dalam catatan pernah naik di bulan Maret tahun 2018 di Pantai Muka Kampung, tetapi secara umum pada site monitoring kami penyu hijau sering naik dan bertelur antara bulan Juni - Agustus. Terlebih lokasi yang disampaikan merupakan area baru untuk peneluran penyu di Pulau Bunaken.

Dugaan awal kami adalah disaat ini kawasan tutup sementara untuk berbagai kegiatan wisata, memang tidak menampik kemungkinan hal tersebut juga bisa memberikan pengaruh terhadap satwa dengan merasa tidak terganggu kehidupannya. Lokasi yang paling sering ditemui saat diperairan bilamana melakukan aktivitas diving dan snorkeling adalah di Likuan I dan II divespot, Muka Kampung divespot, Fukui divespot, dan Bunaken Timur I divespot.

Apresiasi yang tak terhingga kepada masyarakat Pulau Bunaken yang telah menyampaikan laporan lokasi baru peneluran penyu melalui MMP dan petugas kami di lapangan. Langkah-langkah selanjutnya yang akan kami ambil pada 2 lokasi peneluran dilakukan penetasan semi alami dan 1 lokasi peneluran dengan memberikan penanda dan menjaga dari gangguan predator alami, tegas Farianna.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken
____________

Narahubung:
Kepala Balai Taman Nasional Bunaken
Farianna Prabandari - 08123162647

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini