Penyu Tetap Bertelur, Walau Ditengah Pandemi COVID-19

Kamis, 16 April 2020

Manado, 15 April 2020 - Bertempat di pantai pasir panjang Pulau Bunaken petugas Polhut dan PEH melakukan pengamatan beberapa ekor penyu yang naik ke daratan untuk bertelur, dari hasil identifikasi berjenis penyu hijau (Celonia mydas). Pulau Bunaken, selain sebagai maskot wisata di kawasan Taman Nasional Bunaken, merupakan salah satu wilayah tempat pendaratan penyu untuk bertelur, dari pertengahan bulan Maret sampai April 2020 tercatat sebanyak 3 ekor penyu bertelur.

Penyu hijau adalah spesies yang paling sering ditemui di perairan Pulau Bunaken selain Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), sering terlihat oleh para diver saat melakukan penyelaman atau dengan menaiki perahu kaca/ katamaran, bahkan menjadi objek fotografi. Adi Tri Utomo, fungsional PEH Taman Nasional Bunaken menyampaikan dengan pengamatan penyu ini akan menjadi catatan sebagai peningkatan populasi spesies yang dilindungi terancam punah.

 

Kita catat waktu naik ke daratan dan bertelurnya, selanjutnya kita amati sampai penyu tersebut selesai dan kita pagari melingkar tempatnya agar tidak terganggu ataupun diambil telurnya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, kemudian diberi penanda di lokasi tersebut untuk dapat mengenali bahwa ada telur penyu yang mau menetas, lanjut Adi.

 

Sumber: Balai TN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini