Petugas SPTN Wilayah II Baserah TN Tesso Nilo Melaksanakan Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat bersama KTH

Senin, 13 April 2020

Situgal, 08 April 2020 - Tim Monitoring dan evaluasi KTH (Kelompok Tani Hutan) SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan pendampingan pemberdayaan masyarakat bersama KTH di Desa Situgal Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi. Pendampingan rutin dilaksanakan oleh petugas SPTN Wilayah II Baserah guna memonitoring dan dapat mengevaluasi program dari KTH yang sudah dibentuk.

Dalam kegiatan pendampingan petugas SPTN Wilayah II Baserah berikan bantuan ekonomi yang digulirkan Balai TNTN berupa varietas unggul tanaman Pinang Betara kepada 20 orang anggota masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Maju Basamo Desa Situgal. Bantuan ekonomi tersebut telah terdistribusi ke masing-masing anggota.

Menurut keterangan petugas yang melaksanakan pendampingan, beberapa anggota KTH telah memulai penanaman di lokasi/kebun masing-masing anggota. Ungkap petugas, nantinya setelah semua bibit pinang tertanam, kelompok akan segera mensuplay dan membagikan pupuk untuk disebar disekitar tanaman mereka. Proses penanaman dilakukan secara gotong royong antar anggota kelompok dengan jarak bervariasi antara 2 x 3 m s.d 3 x 3 m . Sampai dengan saat ini sudah 1.200 batang tanaman yang telah  ditanam oleh anggota kelompok, dan sisanya masih dalam tahap pembersihan lahan.

Dari arahan oleh Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Ir. Halasan Tulus, Tanaman yang telah ditanam akan rutin dimonitoring setiap tiga bulan sekali oleh petugas untuk memaksimalkan program yang sudah dibentuk oleh Balai, “bantuan ekonomi telah diberikan pihak Balai TN Tesso Nilo, dan untuk itu monitoring dan evaluasi sangat penting dilaksanakan dengan tujuan KTH yang sudah kita bentuk dan resmikan dapat maksimal dalam melaksankan program pemberdayaan” terang Kepala Balai.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini