BBKSDA Sumut Ajak Pelajar Peduli Sampah

Rabu, 04 Maret 2020

Medan, 2 Maret 2020. “Kami generasi millenial MAN 3 Medan berkomitmen peduli dengan masalah sampah..!!!,” demikianlah teriakan lantang dan tegas dari seluruh siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan, yang mengikuti acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, di lingkungan sekolah, jln. Pertahanan Patumbak, Medan, pada Sabtu 29 Februari 2020.

Walau terik, semangat generasi muda MAN 3 Medan tidak surut untuk berkomitmen di hari peduli sampah. Dengan berapi-api, peserta juga meneriakkan “Kami menggunakan tumbler (sambil mengancungkan tumbler), untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,”

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, SP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa HPSN setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 21 Februari, adalah untuk mengenang peristiwa longsornya gunungan/tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2005 silam yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Lebih lanjut Mustafa Imran Lubis menjelaskan, bahwa Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua sebagai produsen sampah terbanyak di dunia setelah China. Indonesia diperkirakan menghasilkan sampah 64 juta ton setiap tahunnya. Oleh karena itu HPSN tahun ini mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera”.

“Perlu juga saya ingatkan kepada kita semua yang hadir pada hari ini, berkaitan dengan permasalahan sampah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 47 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah Untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan. Oleh karena itu diperlukan kesadaran dan kepedulian kita bersama dalam mengatasi permasalahan sampah ini,” ujar Mustafa Imran Lubis.

Dalam rangkaian peringatan HPSN ini dilakukan juga pelatihan ecobrick oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada siswa/i MAN 3 Medan. Secara bergantian Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang terdiri dari : Ainy Amelya Utami, S.Hut. (Calon Penyuluh Kehutanan), Eva Suryani Sembiring, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Pertama)  dan Samuel Siahaan, SP. (PEH Pertama), menjelaskan tentang ecobrick serta mendemonstrasikannya. Dengan penuh antusias siswa/i memperhatikan dan ikut mencoba  ecobrick yang dilakukan oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Selain pelatihan ecobrick, pihak MAN 3 Medan, juga melakukan kegiatan lomba kreatifitas dan inovasi daur ulang sampah antar kelas di lingkungan sekolah. Berbagai karya-karya inovatif dari siswa, ditampilkan dan diperlombakan. Tim juri dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara kagum dengan karya-karya kreatif generasi millenial MAN 3 Medan.

Suksesnya penyelenggaraan peringatan HPSN 2020 ini tidak terlepas dari kerja keras Komunitas Hijau MAN 3 Medan, yang menggagas, merancang dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik. Dan sekedar mengingatkan, bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara MAN 3 Medan dan Balai Besar KSDA Sumatera Utara terkait dengan Pendampingan Kegiatan Ekstrakurikuler Komunitas Hijau MAN 3 Medan, yang telah ditandatangani pada 17 Januari 2020 yang lalu. Kedepan akan menyusul lagi program-program kegiatan lainnya.

Sumber : Evan - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

MAN 3 1
Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara saat memberikan penjelasan tentang ecobrick

 

MAN 3 2
Peserta pelatihan ecobrick usai demonstrasi yang dilakukan Tim Balai Besar KSDA Sumut

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini