Program Chainsaw Buyback Balai TANAGUPA dan Yayasan ASRI Kembali Beraksi

Rabu, 04 Maret 2020

Kayong Utara, 3 Maret 2020. Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) mendampingi masyarakat di sekitar kawasan untuk menyerahkan chainsaw kepada Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI). Pada kesempatan ini chainsaw diserahkan oleh Bapak Abdul Rahman, masyarakat Dusun Pematang Baros, Desa Riam Berasap Jaya. Sebelumnya beliau adalah logger yang masih aktif bekerja. Bapak Abdul Rahman berharap dengan penyerahan chainsaw ini beliau dapat mendapatkan modal untuk memulai usaha cetak batako dan penanaman umbi gajah di lahan seluas 2 Ha milik beliau sendiri. Pak Abdul Rahman adalah orang tua tunggal untuk seorang anak. Dengan rencana usaha yang akan dilakukan beliau berharap dapat mempersiapkan pendidikan untuk anaknya dimasa depan. Beliau juga berkata akan berhenti menjadi logger. Penyerahan chainsaw ini dihadiri langsung oleh dr. Kinari Webb (Founder /Pembina ASRI) dan Mahardika Putra Purba (Manager Konservasi ASRI) beserta rombongan tamu kunjungan "Journey To Borneo (JTB)" dari Amerika Serikat.

Chainsaw buyback merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Balai TANAGUPA dengan Yayasan ASRI. Dalam program ini Yayasan ASRI akan memberikan bantuan modal usaha  dan  kerjasama untuk pengembangan wirausaha bagi masyarakat yang menyerahkan chainsaw milik mereka. Program ini bertujuan mencetak mantan logger menjadi wirausaha yang mandiri. Program yang termasuk ke dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini sudah dimulai sejak Januari 2017 dan sampai dengan saat ini sudah 143 unit chainsaw yang diserahkan. Dalam program UMKM ini, masyarakat yang menyerahkan chainsaw-nya kepada Yayasan ASRI akan mendapatkan modal usaha untuk kegiatan bisnis bersama. Bisnis bersama tersebut akan menjadi alternatif mata pencaharian bagi mantan pelaku penebang liar sebagai upaya menanggulangi penebangan liar di kawasan TANAGUPA.

Kepala Balai TANAGUPA Bapak M. Ari Wibawanto menyampaikan bahwa Balai TANAGUPA berharap melalui program ini masyarakat di sekitar kawasan dapat lebih sejahtera sehingga gangguan terhadap kawasan dapat berkurang. “Dengan adanya program ini dan kerjasama antara Balai TANAGUPA dan Yayasan ASRI, kami berharap masyarakat terutama yang berada di sekitar kawasan menjadi lebih sejahtera dan tidak lagi bergantung kepada kawasan. Kami juga berharap Pak Abdul Rahman dapat menginspirasi masyarakat yang belum menyerahkan chainsaw agar bisa segera mengikuti jejak beliau untuk menyerahkannya. Semoga kedepannya program ini akan semakin baik dan semakin banyak masyarakat yang menyerahkan chainsaw milik mereka” tutup M. Ari Wibawanto selaku Kepala Balai TANAGUPA.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini