Peningkatan Kualitas Tata Kelola Wisata Selam TN Wakatobi

Senin, 10 Februari 2020

Wangi-Wangi, 4 Februari 2020. Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi (DISPAR), menggelar rapat koordinasi dengan Balai Taman Nasional Wakatobi dan para pelaku usaha dive operator/pemandu wisata selam dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola wisata selam di Wakatobi.

Rapat koordinasi (Rakor) dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi. Pada rapat tersebut, Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi menugaskan para Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah dan Kepala Urusan Program, Anggaran dan Evaluasi untuk hadir pada acara tersebut. Pada acara tersebut juga dihadiri oleh para dive operator/pemandu wisata selam yang beroperasi di wilayah Taman Nasional Wakatobi.

Pada rapat koordinasi kali ini fokus membahas masalah spesifikasi dan penempatan titik mooring buoy (tambatan kapal), Perizinan, Integrasi retribusi PIN dan PNBP, pemanfaatan secara berkeadilan (mutual benefit), minimalisasi kerusakan lingkungan, dan strategi pemasaran wisata selam dan hal lain yang terkait dengan tata kelola wisata selam.

Dalam rapat tersebut, para pihak menyepakati hasil pembahasan antara lain integrasi pengelolaan karcis masuk PIN dan PNBP diupayakan 1 (satu) pintu, mengawal penyesuaian revisi zonasi agar lokasi penyelaman yang berada pada zona pemanfataan lokal untuk diusulkan/direvisi menjadi zona pariwisata, Balai Taman Nasional Wakatobi dan Pemerintah Daerah Wakatobi mendorong sistem informasi dengan salah satu tools aplikasi E-Tour, Mendorong wisata edukatif untuk meningkatkan daya tarik wisata, mendorong adanya kesepakatan range harga paket wisata dengan batas minimum dan maksimum, mengintegrasikan kegiatan event pariwisata, mendorong percepatan tambahan flight, dan memfasilitasi konekfitas jadwal flight-kapal dari Bali ke Wakatobi.

Sumber : Balai Taman Nasional Wakatobi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini