Workshop Pelestarian Kawasan Hutan di Sumba

Senin, 10 Februari 2020

Waibakul, 4 Februari 2020. Melestarikan kawasan hutan merupakan tugas yang cukup berat yang tidak hanya menjadi tanggung jawab pengelola kawasan hutan, namun banyak pihak yang harus terlibat. Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan memegang peranan utama karena interaksi mereka dengan kawasan cukup intens, oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas kehidupan seperti perekonomian dan pendidikan demi terwujudnya kelestarian hutan.

Menyadari hal ini, Japan International Cooperation Society (JICS) yang memegang program restorasi eksosistem di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) mengadakan sebuah workshop bertajuk Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Pelestarian Kawasan Hutan. Dalam workshop ini, JICS menjelaskan beberapa program yang telah dikerjakan selama 5 tahun melakukan restorasi pada ± 261 ha kawasan TN Matalawa.

Program utama yang dikerjakan yakni restorasi kawasan pada 4 site dengan persentase tumbuh rata-rata diatas 80 %. Program lain yang dikerjakan yaitu pemberdayaan masyarakat di 4 desa dengan program biogas, pengembangbiakan hewan ternak, dan intensifikasi lahan pertanian untuk menghasilkan komoditas unggulan selain pertanian seperti kunyit.

Kegiatan workshop ini juga sebagai penanda berakhirnya program restorasi yang telah dikerjakan JICS selama 5 tahun. Dalam kesempatan ini, ditandatangani pula kesepakatan bersama oleh para pihak terkait seperti KPH, Dinas Hortikultura Sumba Tengah, Kepala Desa, dan TN Matalawa. Kesepakatan bersama menjelaskan bahwa para pihak  mempunyai kewajiban dalam meneruskan dan melestarikan program restorasi dan program lain yang telah dikerjakan oleh JICS. Kepala Balai yang memimpin jalannya workshop berharap para pihak yang menandatangani mempunyai komitmen dalam melaksanakan kesepakatan tersebut sehingga kelestarian kawasan hutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini