Hendak Memancing, Warga Moyudan Temukan Buaya Muara di Sungai Progo

Kamis, 06 Februari 2020

Yogyakarta 5 Februari 2020, Tim Quick Response Balai KSDA Yogyakarta menindaklanjuti laporan masyarakat perihal penemuan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) di wilayah Sleman hari Rabu (5/02/2020).

Kronologi penemuan buaya berawal dari adanya warga Gejagan Rt 05 Rw 04 Sumberarum, Moyudan, Sleman, Lukito pada hari Rabu (5/02/2020) sekitar pukul 07.00 pagi memancing ikan di bantaran Sungai Progo dan melihat satwa yang dikira biawak, setelah diamati ternyata satwa tersebut adalah buaya yang sedang berjemur di bawah jembatan Ngapak, Dusun Ngemplak, Nanggulan Kulon Progo. Selanjutnya Lukito berusaha menangkap satwa tersebut sendirian, namun karena merasa kesulitan kemudian menghubungi Sunarhadi untuk membantu menangkap buaya tersebut. Buaya selanjutnya dibawa oleh Lukito dan Sunarhadi ke Polsek Moyudan menggunakan karung dan di ikat bagian moncongnya. Anggota Polsek Moyudan, Iptu Suranto kemudian menindaklanjuti penyerahan satwa tersebut dengan menghubungi BKSDA Yogyakarta.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta M. Wahyudi, merespon kejadian tersebut dengan menugaskan Tim Quick Response Balai KSDA Yogyakarta untuk segera melakukan penanganan. "Tim Quick Response saya minta untuk segera melakukan evakuasi satwa buaya muara dari Polsek Moyudan ke Stasiun Flora Fauna Bunder" jelas M. Wahyudi.

Setelah dilakukan koordinasi, Tim Quick Response Balai KSDA Yogyakarta, pada pukul 13.00 WIB mendatangi polsek Moyudan untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan satwa tersebut. Hasil identifikasi menunjukkan satwa jenis buaya muara (Crocodylus porosus) dalam kondisi hidup dengan panjang 150 cm.  Saat ini satwa tersebut telah diamankan oleh Tim Quick Response sesuai arahan Kepala Balai KSDA Yogyakarta.

 

Sumber : Arif Budiarto – Polhut Pelaksana Lanjutan Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini