Menyapa Masyarakat Desa Rantau Panjang Resort 8 Muara Bangko

Senin, 03 Februari 2020

Senin, 3 Febuari 2020 - Desa Rantau Panjang Kec. Muara Batang Gadis ini merupakan desa Penyangga TN Batang Gadis (TNBG) yang berada di wilayah Resort 8 Muarabangko, salah satu desa paling remote di Kab. Mandailing Natal yang belum dapat ditembus jalan darat, letaknya berada di antara kawasan HPT area konsesi PT Anugerah Makmur (ARM), berbatasan dengan sisi barat TNBG yang sangat jarang dijangkau petugas kecuali untuk pemasangan kamera trap harimau tiap 2 tahun. Personil Resort 8 Muara Bangko berkunjung untuk melaksanakan Koordinasi dan sekaligus menggali potensi yang ada di desa ini.

Dari Informasi yang diperoleh Masyarakat disini memiliki kebiasaan memanfaatkan hasil hutan seperti lebah dan ikan, dengan melestarikan hutan dihulu sungai yakni Muara Singenjon yang terletak didalam kawasan TNBG. Kepala Resort bersama masyarakat sedang menginisiasi patroli partisipatif dengan rekrutmen anggota MMP dan inisiasi pengembangan ekonomi alternatif termasuk pengembangan ekowisata secara bertahap dengan potensi :

  • Sungai potensial wisata tirta dari hulu Muara Aek Singenjon (TNBG resort 8) hingga Rantau Panjang
  • Praktik margulayan , yakni teknik menangkap ikan tradisional dengan menyusuri sungai. Muara Batang Gadis. Masyarakat juga sangat terbuka bila di Desa Rantau Panjang TNBG berkenan membangun bangunan Camp RBM dengan tujuan sebagai pusat informasi konservasi.

 

Sumber : Perdana Mora Harahap (Polhut) - Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini