Bermalam di Pasbar, Tim Temukan Sarang Penyu Sisik

Senin, 03 Februari 2020

Senin, 3 Januari 2020 - Pada kegiatan survei baru-baru ini (01/02), ditemukan jejak dan sarang penyu yang naik bertelur di sisi pantai timur di Pulau Pasitallu Barat.

Sekedar informasi, Pulau ini adalah bagian dari tiga pulau sisi selatan Taman Nasional Taka Bonerate, gugusan pulau Pasitallu, biasa juga disebut Pasitallu Radja. Masuk dalam wilayah kerja Resor Pasitallu Tengah, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate Wikayah II. Pulau ini adalah pulau kosong dan bagian Zona Inti/Zona dilindungi karena keanekaragaman hayati dan keberadaan vegetasi santigi yang umurnya diperkirakan ratusan tahun.

"Dugaan kami, dari ukuran jejaknya jenis penyu ini adalah Penyu Sisik." Jelas Anam fungsional PEH Resor Pasitallu Tengah.

 

Tim hanya menggali sampai kepermukaan telur untuk memastikan keberadaan telur. Jumlah telur diperkirakan 40-60an butir. Untuk menemukan si Hewan yang dilindungi ini tim fungsional PEH harus menunggu/ bermalam di pulau kecil tak berpenghuni ini dan itupun kalau tim beruntung bertemu langsung.

Setelah dilakukan pengambilan data lokasi kemudian dilakukan pengukuran jejak dan sarang. Tim pun bersepakat untuk membiarkan telur menetas secara alami di alam. Sarang ditutup kembali dan menghapus jejak penyu, biarkan alam yang menyeleksinya.

"Kami tutup kembali sarangnya, kemudian menghapus jejak yang ditinggalkan, biarkan alam yang menyeleksinya." Pungkas Agustiar salah satu PEH senior di Taman Nasional Taka Bonerate.

Sumber : Asri (PEH) - Balai TN Taka Bonerate
Dok. Kegiatan Survei Habitat Penyu 2020

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini