Banjir Bandang di Desa Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso

Kamis, 30 Januari 2020

Sidoarjo, 29 Januari 2020. Pada tanggal 29 Januari 2020 telah terjadi bencana banjir bandang di Desa Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Prov. Jawa Timur. Balai Besar KSDA Jawa Timur menyampaikan dalam siaran pers nya bahwa sebelum terjadi bencana sampai dengan datangnya air kondisi cuaca di Desa Sempol cerah dan tidak terjadi hujan. Banjir yang terjadi di Desa Sempol mulai terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan mulai surut sekitar pukul 16.00 WIB. Air yang datang dan menyebabkan banjir di Desa Sempol berasal dari sebelah barat Desa Sempol yang mengalir ke arah timur. Air diperkirakan berasal dari gunung jampit, gunung malabar dan gunung suket yang berada disebelah barat Desa Sempol. Dari ketiga lokasi tersebut air mengalir dan bertemu pada titik pertemuan aliran di jalan depan Posramil Sempol, dan seharusnya air mengalir menuju satu sungai, tapi karena banyaknya material lumpur dan ranting pohon mengakibatkan air meluap ke perkampungan.  Air membawa material lumpur sedimentasi dan ranting serta cabang pohon dengan ukuran paling besar, sebesar paha orang dewasa. Patahan cabang dan ranting tersebut merupakan cabang dan ranting kering dan tidak dilihat adanya tanda potongan atau gergajian.

Lokasi Desa Sempol secara topografi berada pada lembah antara komplek “pegunungan”Ijen dan “pegunungan” Raung. Dalam suatu kawasan pegunungan tersebut terdapat beberapa gunung dengan nama masing-masing. Berdasarkan informasi tersebut dapat dipastikan asal air yang menyebabkan banjir bandang di Desa Sempol adalah berasal dari komplek pegunungan Raung, tepatnya dari kawasan gunung jampit, malabar dan suket. Informasi dari lokasi bahwa pada kawasan tersebut diguyur hujan dengan intensitas cukup berat, meskipun pada peta potensi curah hujan yang dirillis BMKG tanggal 29 Januari 2020 pukul 13.40 pada lokasi tersebut tidak menunjukkan adanya potensi hujan. Ketiga lokasi tersebut berdasarkan status kawasan adalah hutan lindung dan hutan produksi. Pada akhir tahun 2019 pada kawasan tersebut (gunung jampit, malabar dan suket) juga terjadi bencana kebakaran hutan yang cukup besar, seperti halnya di kawasan CA dan TWA Kawah Ijen. Berdasarkan informasi masyarakat kejadian tersebut memang rutin terjadi, namun kejadian kali ini memang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, berdasarkan peta topograsi yang di overlay dengan peta kawasan hutan, Desa Sempol berada disebelah barat kawasan CA dan TWA Kawah Ijen, dan tidak benar berita yang menyatakan bahwa air tersebut berasal dari kawasan gunung ijen (CA/ TWA Kawah Ijen), namun berasal dari kawasan pegunungan raung yang berada disebalah barat Desa Sempol. Berdasarkan informasi dari petugas Resort Konservasi Wilayah 18 Kawah Ijen BBKSDA Jatim bahwa mulai sekitar pukul 12.00 WIB terdengar petir berkali-kali dari sebelah barat kawasan CA/TWA Kawah Ijen. Di kawasan Paltuding (CA/TWA Kawah Ijen) mulai sekitar pukul 14.00 WIB sampai sekitar pukul 15.00 WIB baru terjadi hujan dengan intensitas ringan (gerimis) dengan frekuensi berselang seling (sebentar gerimis dan sebentar reda). Jarak antara CA/TWA Kawah Ijen ke Desa sempol relatif jauh, sekitar 17 KM dan masih melalui beberapa lembah dan bukit.

Sampai dengan Siaran Pers ini di rillis, penduduk berupaya membersihkan sisa material banjir yang masuk ke pemukiman, kondisi jalan bisa dilalui dan dihimbau dengan berhati-hati dan kecepatan rendah karena jalan masih tertutup lumpur. Belum diterima laporan adanya korban jiwa dalam bencana banjir bandang tersebut. Kerugian materiil berupa kerusakan beberapa bangunan rumah dan ternak masyarakat yang terseret banjir bandang.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

1. Dr. Nandang Prihadi, S.Hut, M.Sc (Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur)

2. Setyo Utomo, S.H., M.Si. (Kepala Bidang KSDA Wilayah III, 081336699929)

3. Purwantono S.Hut., M.P, (Kepala Seksi Konservasi Wilayah 5 Banyuwangi, 08121640874)

4. Gatut Panggah Prasetyo ( Ka Sub Bag Data Evlap & Kehumasan BBKSDA Jatim/082341093120)

5. Call Center Balai Besar KSDA Jawa Timur (0822

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini