Tim Survei Habitat Penyu : Satu Indukan Penyu Naik Bertelur di Pulau Jinato

Kamis, 30 Januari 2020

Resor Jinato - Taman Nasional Taka Bonerate, 30 Januari 2020. Tim Survei Habitat Penyu yang terdiri dari Personil Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato Balai Taman Nasional Taka Bonerate  dan warga setempat sudah berpengalaman dalam mencari penyu, sebab mereka adalah pemburu si hewan purba penyu yang kini telah insaf.

Seperti yang terjadi saat berlangsungnya kegiatan survey penyu di SPTN Wilayah II Jinato. Tim menemukan indukan penyu yang naik bertelur berdasakan informasi yang diperoleh oleh Tim dari warga bernama, Hasse. Tepat menjelang adzan subuh yakni pukul 04.35 wita (30/01). Dari informasi tersebutlah, Tim bergegas menuju ke lokasi dimana penyu ditemukan.

"Posisi induk penyu ini ditemukan di sisi Barat Pulau Jinato oleh Pak Hasse." Jelas Sunadi Buki, PEH

Tiba di lokasi yang dimaksud, induk penyu tersebut baru saja selesai bertelur dan sedang menutup sarangnya. Tim menunggu dengan sabar menyaksikan momen langka ini.

"Jenis penyunya adalah Penyu Hijau." Ucap Hendra Mustajab, PEH Resort Jinato.

Setelah si Penyu Hijau bertelur, salah satu anggota Tim mulai melakukan pengambilan data fisik dengan mengukur panjang dan lebar karapasnya serta tentu saja mendokumentasikannya.

"Panjang karapas 110 cm dan lebar karapas 100 cm." Kata Hendra Mustajab.

Sang penyu pun pergi dengan tenang, seolah menitipkan telurnya agar dijaga dengan baik. Demi keselamatan dari predator, telur penyu akan dipindahkan ke tempat penetasan semi alami, selain itu juga bisa meningkatkan keberhasilan penyu menetas.

"Kali ini penyunya bertelur 64 biji, tergolong lumayan banyak" jelas Sunadi Buki mengakhiri percakapan.

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini