Sosialisasi E-TICKETING kepada Pelaku Jasa Wisata Alam di TNBB

Selasa, 31 Desember 2019

Gerokgak, 30 Desember 2019. Dalam rangka meningkatkan transparansi, efektivitas dan efesiensi serta transformasi dalam pengelolaan kawasan TNBB, khususnya pemanfaatan wisata alam, dilaksanakan sosialisasi kepada instansi terkait, kelompok masyarakat dan pelaku izin usaha penyediaan jasa wisata alam (IUPJWA) dan izin usaha penyediaan sarana wisata alam (IUPSWA) di Taman Nasional Bali Barat. Sosialisasi tentang rencana penerapan E-TICKETING dan PNBP, menjadi kegiatan terakhir yang dilakukan Balai TNBB di penghujung tahun 2019.

Dalam sambutannya, Kepala Balai TN Bali Barat, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si menyampaikan tentang latar belakang dan tujuan penggunaan sistem e-ticketing di Taman Nasional Bali Barat agar mempermudah proses pemesanan serta pembayaran oleh wisatawan yang berkunjung ke TNBB,  mempermudah petugas dalam melakukan pengawasan dan pemantauan jumlah pengunjung setiap harinya, serta meminimalkan potensi kecurangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, dalam sesi Pemaparan dilaksanakan oleh Kepala Balai dan pemaparan materi dari Polsek Gerokgak tentang Saber Pungli. Dalam materinya dijelaskan pengertian pungli, aturan dan sangsi kepada pelaku pungli maupun tindak kejahatan terkait jual beli tiket merupakan tindak kejahatan penggelapan dan bisa menjadi pidana.

Materi terakhir narasumber disampaikan oleh pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali sebagai pihak yang akan memfasilitasi dalam penyiapan SIstem dan dukungan sarpras e-ticketing di TN. Bali Barat tentunya dengan kerjasama dan setelah mendapatkan persetujuan pimpinan di Jakarta.
Pihak BPD Bali menjelaskan secara teknis kemudahan penggunaan aplikasi dan alur dalam penerapan e-ticketing dan keuntungan bagi pengelola TNBB.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan diskusi untuk membahas permasalahan-permasalahan yang sudah ada maupun diprediksi akan muncul ketika e-ticketing diterapkan.
Tentunya, sosialisasi ini merupakan sosialisasi awal yang dilakukan akhir tahun 2019 dalam rangka menyongsong tahun 2020. Semoga dengan adanya rencana penerapan e-ticketing, akan mempermudah wisatawan dalam berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat dan membantu meningkatkan transparansi serta efektivitas penyelenggaraan pengelolaan TNBB.
Salam konservasi!

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini