Kunjungan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Jumat, 27 Desember 2019

Sukabumi, 25 Desember 2019. Bertepatan dengan libur Hari Raya Natal, Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Situgunung, Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), kembali mendapatkan kunjungan dari Taman Nasional sahabat yang berasal dari Kalimantan Barat, yaitu Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum), dengan ketua tim Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak. Tim Balai Besar TaNa Bentarum melakukan kunjungan studi banding pengelolaan wisata di kawasan TNGGP. 

Setibanya di RPTN Situgunung pukul 7:45 WIB, rombongan TaNa Bentarum yang berjumlah 7 (tujuh) orang, langsung mendapatkan sambutan dari Kepala Seksi PTN Wil. IV Situgunung, Luki Turniajaya dan Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, beserta staf. Dalam rangkaian acaranya, rombongan disajikan pemutaran film dokumenter tentang TNGGP. Setelah itu sekilas pengenalan pengelolaan TNGGP disampaikan langsung oleh Kepala Resort PTN Situgunung, mulai dari kawasan, flora dan fauna, hingga objek wisata yang ada di kawasan RPTN Situgunung.

Setelah berdiskusi dan bertukar informasi, rombongan TaNa Bentarum yang didampingi Kepala Resort PTN Situgunung beserta staf mendapat sajian langsung keindahan kawasan Resort PTN Situgunung dengan mengunjungi Suspension Bridge dan Curug Sawer. Puas menikmati keindahan alam Resort PTN Situgunung, rombongan kembali menuju kantor TIC (Tourist Information Center) untuk kembali melanjutkan diskusi, terkait pengelolaan wisata di kawasan TNGGP.

Kamis, 26 Desember kunjungan dilanjutkan ke kantor Balai Besar TNGGP di Cibodas dan mengunjungi Resort Mandalawangi untuk melihat pengelolaan wisatanya. Rombongan TaNa Bentarum merasa terkesan dan terpukau melihat banyaknya kunjungan di kawasan wisata terutama di RPTN Situgunung, TNGGP. Tim TaNa Bentarum meninggalkan kawasan TNGGP dengan membawa kesan dan pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi kemajuan wisata di TNBKDS.


Teks: Purnama P.S.
Dokumentasi : Asep Suganda
Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini