Pemda Kabupaten Tojo Una-una Terima Sertifikat Cagar Biosfer Dihari Ulang Tahun Kabupaten

Rabu, 18 Desember 2019

Ampana, 18 Desember 2019 - Pada hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una memperingati hari ulang tahun Kabupaten Tojo Una-una yang ke-16 Tahun yang di laksanakan di Lapangan Ex STQ Kota Bumi Mas Uemalingku. Kegiatan ini di hadiri oleh Anggota DPR-RI Bapak Drs. H. Anwar Hapid, M.si, Bupati Banggai Laut, Sekda Banggai, Asisten III kabupaten Morowali, Pejabat yang mewakili Bupati Donggala, Ketua dan Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tojo Una-una,Unsur Forus Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tojo Una-una, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-una Bersama para Asisten, Kepala Dinas/Bagian serta seluruh Pegawai ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una, Pimpinan Instansi Vertikal termasuk Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, Perwakilan LIPI, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan Partai Politik, Para Camat, Lurah, Kepala Desa Sekabupaten Tojo Una-una, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, dan rekan-rekan pers baik media cetak maupun elektronik.

Pada kesempatan ini pula dilakukan penyerahan Sertifikat Cagar Biosfer Togean - Tojo Una Una Kepada Balai Taman Nasional Kepulauan Togean dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una yang diserahkan langsung oleh utusan dari LIPI. Cagar Biosfer Togean – Tojo Una Una telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO di Paris pada tanggal 19 Juni 2019.

Dalam amanat Bupati Tojo Una-una pada Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun  Kabupaten Tojo Una-una yang ke 16 Tahun 2019, Kabupaten Tojo Una-una Merupakan Salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Ampana dan di bentuk berdasarkan undang-undang nomor 32 tahun 2003 tentang pembentukan kabupaten tojo una-una di Provinsi Sulawesi Tengah, seiring berjalannya waktu, hari, bulan, dan bergantinya tahun tidak tersa kabupaten Tojo Una-una Telah Berusia 16 Tahun adalah rentang waktu perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Sebagai masyarakat kabupaten tojo una-una kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tojo Una-una Sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mnegisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi lalu kita bingkai perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik. Pemerintahan dan pembangunan ibarat dua sisi  dari satu mata uang yang sama, artinya bahwa tujuan utama dari pemerintahan adalah menyelenggarak pembangunan, begitu juga pembangunan tidak pernah bias di laksanakan tampa adanya sebuah pemerintahan yang kuat. Pembangunan adalah proses multi dimensional yang menyentuh dan merangkum aspek kehidupan masyarakat.

Penyelenggaraan pemerintahan dan pembanguna kabupaten tojo una-una berpijak pada tiga landasan yuridis sebagai acuan penyusunan perencanaan pembangunan daerah yaitu :

  1. Rencana pembangunan jangka panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tojo Una-una 2005-2025 yang ditetapkan melalui peraturan daerah nomor 4 tahun 2010
  2. Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Tojo Una-una 2016-2021 yang ditetapkan melalui peraturan daerah nomor 13 tahun 2017
  3. Rencana kerja pemerintahan daerah (RKPD) Kabupaten Tojo una-una.

Pembangunan yang kita laksanakan tidak terlepas dari kapasitas keuangan daerah untuk mendukung terlaksananya pembangunan daerah yang optimal, berbagai kiat dan trobosan telah dilakukan untuk mendukung pembiyaan pembangunan terutama dalam upaya meningkatkan pembiyaan yang bersumber dari pemerintah provinsi, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sebagai manusia biasa kami ,menyadari bahwa ditengah keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan dari tahun 2016 sampai tahun 2019 ini maish belum dapat memuaskan semua pihak, Insha Allah kedepan dengan kerjasama dankebulatan tekad kita semua apa yang kita cita-citakan dapat terwujud.

Akhirnya saya berharap peringatan hari ulang tahun ke-16 kabupaten tojo una-una menjadi titik tolak lahirnya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik yang Insha Alllah akan mengantarkan kita ke pulau kehidupan yang mandiri dan sejahtera.

 

Sumber : Andi Ahmad Syaiful – Balai TN Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini