Evaluasi Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan TN Kepulauan Togean 2019

Selasa, 17 Desember 2019

Ampana, 17 Desember 2019. Balai Taman Kepulauan Togean telah melaksanakan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (METT) yang dilakukan dari tanggal 16 – 17 Desember 2019 di aula Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Kegiatan dihadiri oleh stakeholder yang terkait diantaranya Asisten I Setda Kabupaten Tojo Una-Una, BKSDA Sulawesi Tengah, KPH Sivia Patuju, Dinas Perikanan, Dinas PMD, Bappelitbangda Kabupaten Tojo Una-Una, Yayasan Konservasi Kepulauan Togean (YKKT), Yayasan Toloka, serta pegawai Balai Taman Nasional Kepulauan Togean.

Dalam pembukaan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (METT) yang disampaikan langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean Ir. Bustang menyampaikan bahwa “Pihak pengelola kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean menyadari bahwa permasalahan yang dihadapi dalam mengelola kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean pun cukup banyak, oleh sebab itu mempertimbangkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan penilaian terhadap efektivitas pengelolaan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Salah satu framework yang dikembangkan dan telah digunakan oleh berbagai negara di Dunia adalah Management Effectiveness Tracking Tool (METT). Penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi juga penting untuk mengidentifikasi prioritas dan alokasi sumberdaya untuk mencapai tujuan pengelolaan serta mendukung terlaksananya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan kawasan konservasi kepada publik.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap 6 aspek penilaian utama yang terdiri dari Konteks, Perencanaan, Input, Proses, Output dan Outcome diperoleh hasil indek nilai METT kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean sebesar 91 %, terdapat peningkatan indeks nilai METT sebesar 17 % dibandingkan penilaian pada tahun 2018. Hasil penilaian METT ini diharapkan menjadi bahan evaluasi pengambilan kebijakan dalam pengelolaan Taman Nasional Kepulauan Togean kedepannya.

Sumber: Wita Nofrinar - Calon Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini