Masyarakat pesisir Teluk terima dibantu LPS bakti peduli desa dan kawasan TNBB.

Senin, 16 Desember 2019

Sumberklampok, 13 Desember 2019.  Melalui program LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) Peduli Bakti Negeri melaksanakan kegiatan penanaman jenis mangrove,  transplantasi terumbu karang, dan pembagian sembako kepada masyarakat desa Sumberklampok.

 

Sebanyak 2.500 bibit mangrove ditanam di kawasan Teluk Terima, yang berbatasan langsung dengan kawasan TNBB di wilayah SPTN Wilayah III Labuan Lalang, penanaman dilakukan direksi LPS, pejabat di pemprov Bali, pejabat di pemkab Buleleng, tokoh masyarakat setempat bersama masyarakat, pelajar dan kelompok nelayan.

Juga dilakukan pemasangan 150 pot  transplantasi terumbu karang oleh undangan, sedangkan untk penanaman di wilayah perairannya Teluk Terima dilakukan oleh penyelam TNBB bersama pokdarwis Sumberklampok. Perairan Teluk Terima merupakan zona tradisional yang telah dibuka aksesnya melalui kemitraan konservasi antara Balai TNBB dengan kelompok nelayan. Transplantasi dilakukan untk pemulihan ekosistem perairan Teluk Terima sehingga menjadi rumah bagi ikan-ikan konsumsi yang merupakan sumber tangkapan nelayan setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisaris dan Direksi LPS Bali, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali dan para kepala dinas di kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan sambutan selaku pengelola kawasan TNBB, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si, menjelaskan tentang pentingnya kolaborasi bersama masyarakat melalui kemitraan konservasi dalam pengelolaan kawasan Taman Nasional Bali Barat dengan keterlibatan multi pihak untuk masa depan pelestarian kawasan konservasi.

Selain acara tersebut, juga dilaksanakan kegiatan clean up bersama di sepanjang pantai Teluk Terima.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu konservasi keanekaragaman hayati khususnya mangrove dan terumbu karang di kawasan TNBB agar tetap lestari dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui kegiatan pariwisata.

Salam lestari!

 

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini