Tingkatkan Corsa POLHUT, Demi Hutan MerBeti Lestari

Jumat, 13 Desember 2019

Jember, 12 Desember 2019. Bertempat di salah satu hotal berbintang di Jember, Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) mengadakan kegiatan pembinaan Polisi Kehutanan (Polhut). Acara diikuti seluruh pejabat struktural dan Polhut lingkup Balai TN MerBeti dari 3 wilayah pengelolaan di Sarongan, Ambulu dan Kalibaru. Selain itu dihadiri juga oleh unsur Muspika Kecamatan Tempurejo (Camat, Danramil, Kapolsek), 6 Kepala Desa daerah penyangga kawasan TN MerBeti, LSM KAIL, dan Masyarakat Mitra Polhut TN MerBeti.

Acara yang diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas Petugas Polhut lingkup Balai TN MerBetiri ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas khususnya bagi Polhut di bidang perlindungan hutan; Memberikan/ menumbuhkan semangat motivasi bagi Polhut dalam usaha-usaha perlindungan hutan; Membangun sinergitas dan kebersamaan dengan instansi terkait dalam kegiatan perlindungan hutan.

Pembukaan dilakukan langsung oleh Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut, M.Si. yang dilanjutkan dengan pemberian materi. Pada kesempatan ini Kabalai menyampaikan tentang selayang pandang mengenai permasalahan dan potensi TN MerBeti. Kombes Drs. Adi Karia Tobing,SH.SIK. selaku Kabag Hukum Polda Jatim memaparkan mengenai Penanganan Tindak Pidana Kehutanan, dan Prosedur penggunaan Senjata Api. Sedangkan AKP Idham Kholid,SH.MH Kabagops Polres Jember  menyampaikan materi dengan tema teknik penanganan dan komunikasi massa, dan yang terakhir adalah Mayor Sampak Kasdim Kodim 0824 Jember memaparkan tentang Hutan sebagai Benteng pertahanan Nasional.

Peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Banyak pertanyaan dan diskusi yang berkembang ke arah positif dalam pengelolaan TN MerBeti. Secara umum seluruh pihak yang hadir sepakat bahwa tindak kejahatan pidana kehutanan harus dihentikan dan diselesaikan khususnya yang terjadi di kawasan TN MerBeti, karena hutan memiliki peranan yang penting bagi penyangga kehidupan masyarakat banyak.

Di akhir penutupan Kabalai TN MerBeti memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas atensi dan dukungan dalam pelestarian kawasan TN MerBeti. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi awal dalam penuntasan kasus tindak pidana kehutanan yang terjadi di kawasan TN MerBeti, sehingga cita-cita untuk mewujudkan masyarakat sejahtera hutan lestari dapat terwujud.

Sumber: Balai Taman Nasiona Meru Betiri (TN MerBeti)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini