Pelepasliaran Elang Brontok dan Elang Bondol di SM Pulau Kaget

Kamis, 12 Desember 2019

Batola, 5 Desember 2019 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) telah melakukan pelepasliaran 1 ekor Elang Brontok (Nisaetus cirhatus) dan 2 ekor Elang Bondol (Haliastur indus) di Suaka Margasatwa Pulau Kaget, Kabupaten Barito Kuala. Sebanyak 5 personil dalam kegiatan pelepasliaran ini diantaranya Kepala Resort SM Pulau Kaget Ahmad Barkati, Mariyono, Aji Faisal Noor Zaky, Riyan Susilo adji, dan Maulana. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga populasi satwa elang dan mempertahankan keanekaragaman hayati.

Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II M. Ridwan Effendy, S.Hut MP, satwa yang didapat berasal dari hasil sitaan Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin. Karena kondisi satwa yang kurang sehat, maka  sebelumnya dirawat  di kandang transit SKW II Banjarbaru hingga dianggap mampu untuk kembali ke alam.

Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., selaku Kepala Balai KSDA Kalsel sangat mengapresiasi para pihak untuk berpartisipasi dalam perlindungan dan penyelamatan satwa dan tumbuhan seperti Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin. Kami segera melepasliarkan semua hasil sitaan untuk dikembalikan ke alam agar ekosistem dapat berjalan secara harmonis dan kita sebagai manusia mendapat manfaatnya. Keharmonisan symponi alam harus selalu kita rawat dan pertahankan untuk keberlanjutan generasi mendatang. (ryn)

Sumber : Aji Faisal Noor Zaky - Polhut Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan 

2WhatsApp Image 2019-12-12 at 07.47.15 (1)

 

3WhatsApp Image 2019-12-12 at 07.47.14

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini