BKSDA Yogyakarta Translokasikan Buaya Ke Malang

Selasa, 10 Desember 2019

Yogyakarta 9 Desember 2019. Menindaklanjuti penyerahan buaya dari masyarakt beberapa waktu yang lalu, akhirnya Balai KSDA Yogyakarta lakukan translokasi satwa buaya jenis Buaya Muara (Crocodilus porosus) ke Malang, Jawa Timur. Sebelum melakukan translokasi buaya ke Jawa Timur, Balai KSDA Yogyakarta terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Lembaga Konservasi (LK) di DIY untuk dapat dilakukan penitipan satwa. Akan tetapi kondisi LK Gembiraloka zoo yang sudah tidak memungkinkan untuk menampung lebih banyak buaya lagi, membuat pihak Balai KSDA Yogyakarta selanjutnya berkoordinasi lintas provinsi dengan Balai Besar KSDA JawaTimur, dan diputuskan satwa buaya dititipkan di Predator Fun Park, Malang, Jawa Timur.

Proses translokasi buaya selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Desember 2019. Melalui proses serah terima dari Balai KSDA Yogyakarta ke Balai Besar KSDA Jawa Timur yang diwakili  Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV dan Kepala Resort Konservasi Wilayah Malang dan selanjutnya dititiprawatkan kepada pengelola Predator Fun Park. Jumlah total buaya yang dititprawatkan sebanyak 4 (empat) ekor dengan ukuran panjng 197 cm; 80 cm; 87 cm dan 121 cm yang semuanya berasal dari penyerahan masyarakat.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyampaikan “Penyerahan satwa dari masyarakat merupakan dampak meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pelarangan pemeliharaan satwa dilindungi. Sementara itu sebagai tindak lanjut dari penyerahan masyarakat, satwa buaya ini kami translokasikan sebagai salah satu upaya konservasi dengan tujuan merehabilitasi satwa agar dapat beradaptasi kembali dengan perilaku alami sebelum dilepaskan kembali ke habitat aslinya. “ tutupnya.

Sumber : Purwanto- Polhut Muda Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini