Lagi, Mahasiswa Universitas Khairun Praktikum di TN. Aketajawe Lolobata

Selasa, 10 Desember 2019

Sofifi, 12 Desember 2019. Sebanyak 50 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate kembali melaksanakan praktikum lapangan di Resort Tajawi, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 6 s.d 8 Desember 2019. Praktikum lapangan ini juga didampingi oleh Dosen Biologi, Dr. M. Natsir Tamalene, S.Pd., M.Pd.

“Mahasiswa Ilmu Pendidikan Biologi tidak harus selalu praktek mengajar, mereka juga bisa belajar ilmu murni bidang biologi”, kata M. Natsir Tamalene.

Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh Kepala Balai TNAL, yang kemudian memerintahkan petugas Resort Tayawi dan SPTN Wilayah I untuk mendampinginya. Pendamping lapangan adalah Yoyon Arifta dan Sukardi M. Saleh. Setelah melakukan pengurusan administrasi Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi), para mahasiswa berangkat menuju Resort Tayawi menggunakan bus dari kepolisian.

Kegiatan hari pertama adalah observasi lapangan di sekitar sungai Tayawi. Sedangkan hari kedua melaksanakan kegiatan pengenalan flora dan fauna dari sungai Tayawi sampai lokasi pengamatan burung Bidadari Halmahera. Setelah itu mahasiswa di ajak oleh petugas resort untuk mengenal kearifan lokal masyarakat Suku Togutil.

Hari terakhir praktikum, mahasiswa Pendidikan Biologi diberikan penjelasan tentang kesempatan melaksanakan penelitian untuk menyusun tugas akhir atau skripsi di kawasan taman nasional.

“Teman-teman nanti dapat melakukan penelitian akhir di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata, masih banyak potensi penelitian di kawasan ini”, kata Yoyon Arifta, petugas SPTN Wilayah I Weda.

Selesai melepas mahasiswa Ilmu Pendidikan Biologi pada tanggal 8 Desember 2019 pukul 09:00 WIT, Resort Tayawi kembali dikunjungi oleh mahasiswa Program Studi Pariwisata, Universitas Khairun pada pukul 10:00 WIT. Mahasiswa yang berkunjung sebanyak 20 mahasiswa beserta dosen pendamping.

Mahasiswa pariwisata diberikan informasi tentang 4 (empat) objek wisata yang terdapat di Resort Tayawi, diantaranya adalah ari terjun Gosimo. Air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari kantor Resort Tayawi dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan, petugas menjelaskan manfaat objek wisata tersebut kepada para mahasiswa. Kunjungan mahasiswa pariwisata dilaksanakan sampai pukul 15:00 WIT kemudian kembali ke Sofifi.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini