Kunjungan Balai Besar KSDA Jawa Timur ke Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur

Senin, 09 Desember 2019

Jakarta, 8 Desember 2019 - Balai KSDA Jakarta menerima kunjungan Balai Besar KSDA Jawa Timur yang berkunjung ke Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur (PPSTA). Kunjungan diikuti 14 personil dari BBKSDA Jawa Timur, bertujuan untuk bertukar ilmu dan pemikiran mengenai pengelolaan PPSTA. Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi menyampaikan, kami BBKSDA Jatim tahun depan akan membangun PPS di lahan seluas 6 Hektar, karena itu kami ingin belajar pengalaman pengelolaan PPS, salah satunya ke PPSTA. “PPSTA menjadi model pengelolaan PPS dibawah pemerintah, sehingga bisa menjadi contoh bentuk kelembagaan PPS yang akan kami kembangkan” Ungkap Nandang pada saat diskusi.

Kepala Balai KSDA Jakarta, yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha Patty Novianti, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kunjungan BBKSDA Jatim. “Semoga kita bisa saling bertukar informasi mengenai pengelolaan PPS, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan PPS yang telah dilaksanakan” Imbuh mantan Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama BBKSDA Jatim.
Dalam paparan yang disampaikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Dian Banjar Agung, dijelaskan organisasi, tata laksana, dan aplikasi PPS Online. “Kami ingin ada unit yang fokus mengelola PPS, sehingga kami mengusulkan adanya Unit Pengelolaan PPS Setingkat Resort sebagai pengelola PPSTA” Ujar Banjar menjelaskan. Lebih lanjut disebutkan bahwa telah disahkan SOP Pengelolaan PPSTA oleh Kepala Balai KSDA Jakarta yang menjadi manual pengelolaan PPSTA. Selain itu sebagai kendali pelaksanaan SOP dibuat juga aplikasi monitoring yaitu PPS Online sebagai media untuk monitoring dan pengendalian pengelolaan PPS, pungkas Banjar menjelaskan. Kegiatan dilanjutkan sesi diskusi dan kunjungan melihat pengelolaan satwa yang ada di PPSTA.

 

Sumber: Balai KSDA Jakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini