METT Untuk Penilaian Efektivitas Pengelolaan Taman Nasional Bunaken

Senin, 09 Desember 2019

Manado, 4 Desember 2019. Balai Taman Nasional Bunaken bersama para pihak antara lain Pemerintah Daerah Kota Manado, Kab. Minahasa, Kab. Minahasa Selatan, Kab. Minahasa Utara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Universitas Sam Ratulangi, Lantamal VIII, Pengusaha Jasa Wisata yang bergerak di TN Bunaken, Kelompok Nelayan, dan Masyarakat melaksanakan penilaian efektivitas pengelolaan TN Bunaken dengan metode METT.

Sebagai Kawasan Pelestarian Alam, Taman Nasional Bunaken keberadaannya memberikan nilai penting dalam peningkatan pembangunan di daerah serta multiplayer effect dari berbagai segi seperti kegiatan wisata alam diving dan snorkeling serta pemanfaatan ekonomi dan perikanan. Management Effektiveness Tracking Tool (METT) suatu alat pendekatan yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) untuk melakukan penilaian terhadap kawasan konservasi termasuk didalamnya kawasan Taman Nasional.

Berdasarkan hasil penilaian METT tahun 2017, Taman Nasional Bunaken memperoleh nilai sebesar 71%, dan harapannya pada penilaian METT di tahun 2019 terdapat peningkatan. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Balai Taman Nasional, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si, bahwa penilaian efektivitas pengelolaan Taman Nasional Bunaken menjadi instrumen dan peningkatan perbaikan kedepan.

Dengan dukungan para pihak dari Pemerantah Daerah, Perguruan Tinggi, Pengusaha Jasa Wisata, dan Masyarakat dalam input perencanaan diharapkan memberikan kontribusi nyata capaian pengelolaan kawasan Taman Nasional Bunaken. Tujuan-tujuan pengelolaan telah dituangkan dalam Rencana Pengelolaan TN Bunaken periode 2019-2028, tutur Farianna.

Sebanyak 50 peserta dari perwakilan para pihak terlibat dalam kegiatan penilaian METT Taman Nasional Bunaken. Melalui proses diskusi yang panjang diperoleh hasil akhir penilaian tahun 2019 adalah 77%,  artinya berdasarkan evaluasi dan penilaian bersama para pihak capaian pengelolaan Taman Nasional Bunaken telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dengan demikian outcome sesuai berdasarkan tujuan yang ditetapkan, walaupun masih terdapat beberapa aspek yang harus ditingkatkan dalam hal koordinasi dan komunikasi dengan para pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini