Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Masyarakat Binaan TNBB di 3 Desa penyangga.

Rabu, 04 Desember 2019

Gilimanuk, 3 Desember 2019. Di aula TNBB pada hari selasa telah berlangsung penyerahan bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat kepada 3 kelompok pada 3 desa penyangga TNBB yaitu Pejarakan, Sumberklampok dan kelurahan Gilimanuk.
Tiga kelompok masyarakat penerima tersebut adalah kelompok tani ternak tunas mekar dari Sumberklampok, kelompok NCF (Nature Conservation Forum) putri menjangan, dan kelompok masyarakat operator wisata Gilimanuk.

Sesuai dengan proses tahapan yang dilaksanakan mulai perencanaan, pendampingan, penguatan kapasitas. Ketiga kelompok masing-masing menerima bantuan sebesar Rp10.000.000,00  sebagai upaya peningkatan kegiatan usaha kelompok.
Kelompok Tani Ternak “ Tunas Mekar “ dengan rencana penggunaan bantuan untuk pengkayaan dan pengadaan bibit lebah, dan pembuatan stup lebah madu. Kelompok kedua yaitu kelompok NCF Putri Menjangan untuk pembuatan kandang dan pengadaan burung Curik Bali. Sedangkan kelompok ketiga yaitu kelompok Masyarakat Operator Wisata Gilimanuk dengan rencana untuk peningkatan sarana promosi wisata berupa komputer support desain, printer, dan kamera.

Bantuan usaha secara simbolis diserahkan oleh Kepala Balai TNBB Bapak drh.Agus Ngurah Krisna K, M.Si. Beliau berharap bantuan usaha yang diberikan merupakan bagian dari fasilitas bagi kelompok agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan potensi desa serta memperkuat komitmen masyarakat untuk menjaga dan melestarikan terhadap kawasan konservasi. Kegiatan pada hari ini diakhiri dengan Penandatanganan perjanjian Kerjasama (PKS) antara PPK dengan ketua kelompok penerima bantuan usaha produktif, ramah tamah dan pengabadian momen melalui foto bersama.

Salam lestari.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini