Semarak Hari Pohon Sedunia di TWA Sibolangit Sumatera Utara

Selasa, 26 November 2019

Sibolangit, 25 Nopember 2019. Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama Mahasiswa/i beserta Dosen dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan bersamaan kunjungan  “Lesehan Ilmiah” ke TWA Sibolangit beserta Perhimpunan Penjelajah Alam Bencana Dan Konservasi Generasi Rimba Alam Semesta (GRAS) menyelenggarakan kegiatan Hari Pohon Sedunia di Taman Wisata Alam Sibolangit (21/11).

TWA Sibolangit menjadi lokasi pilihan peringatan Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 November. Setiap tahunnya sudah menjadi agenda tetap dalam setiap event hari-hari Lingkungan dan Konservasi. Mengingat TWA Sibolangit sudah menjadi Role Model Edukasi Konservasi dan Lingkungan. Kegiatan hari besar sudah rutin dilaksanakan, sebelumnya Peringatan Hari Peduli Sampah, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dilaksanakan di TWA Sibolangit. Tujuan diadakannya berbagai kegiatan di TWA Sibolangit adalah untuk meningkatkan kepedulian serta peran generasi muda milenial dalam kegiatan yang berhubungan dengan Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan demi terwujudnya alam yang lestari.

Kegiatan Hari Pohon Sedunia kali ini diikuti peserta dari UINSU 160 Orang mahasiswa dan dosen,  8 orang dari Gras dan seluruh staf CA/TWA Sibolangit. Pada kesempatan itu perwakilan dari UINSU dosen tadris biologi Bapak Muhammad Iqbal Haitame Tambunan M.Pd didampingi para dosen pembimbing lainya serta ketua panitia Irfan Ritonga dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk menularkan jiwa semangat  konservasi dan lingkungan kepada generasi muda untuk tetap menjaga bumi dan lingkungannya.

Adapun deretan acaranya peringatan hari pohon sedunia yaitu sosialisasi fungsi dan manfaat pohon, pembersihan batang pohon, penanaman bibit pohon diarea longsor, pengenalan jenis pohon sambil fieldtrip (keliling) Jalur Interpretasi Kawasan oleh petugas resort TWA Sibolangit. Harapannya bumi kita tetap hijau, khususnya kawasan konservasi CA/TWA Sibolangit tetap terjaga kelestariannya.

Pada sambutannya Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan menekankan kembali peran dan manfaat pohon itu sendiri seperti menjaga iklim, sebagai habitat satwa liar, penghasil oksigen dan makanan, penghasil obat herbal,   menyerap bau dan gas polusi (nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida, dan ozon), mencegah erosi, penyerap dan penyimpan air disamping penghasil kayu untuk berbagai produk dan manfaat lainnya.  alhasil dari kegiatan ini tertanam bibit pohon asli dari twa sibolangit dibekas longsor seperti pulai, cingkam,  kecing dan duku sebanyak 72 batang dan dibersihkannya batang pohon dari tumbuhan penggangu sebanyak 64 batang, disepanjang jalur a, b dan c.

Selamat Hari Pohon Sedunia. ‘Selalu Tanam, Rawat dan Jaga Pohon ”.  Salam Lestari, Salam Konservasi. Huha Huha Huha…..

Sumber : Samuel Siahaan, SP- PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini