TN. Tesso Nilo, Polri Dan Polhut Gakkum Wilayah Sumatera Lakukan Kegiatan Patroli Gabungan Di Kawasan TN. Tesso Nilo SPTN Wil. II Baserah

Selasa, 19 November 2019

Baserah – November 2019. Personil TN. Tesso Nilo bersama Polri dari Polsek Ukui dan Polhut Balai Gakkum wilayah sumatera seksi pekanbaru melakukan kegiatan patroli gabungan. Patroli gabungan ini dilaksanakan selama 6 hari di kawasan Resort Onangan Nilo, SPTN Wilayah II Baserah, Balai Taman Nasional Tesso Nilo. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kepala resort, Bapak Amir Hamzah, S.Hut.

Tujuan dilaksanakan kegiatan patroli ini adalah untuk kegiatan pengamanan kawasan TN. Tesso Nilo dari tindakan perusakan seperti kebakaran, perambahan dan illegal logging. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah patroli ke kawasan dan melakukan sosialisasi, memberikan  penyadartahuan kepada masyarakat tentang bahaya karlahut dan mengajak mereka untuk saling mengingatkan kepada mayarakat lainya dan turut serta menjaga hutan.

Kanit intel polsek ukui, Iptu. Deddy Hendra Cita Tobing yang ikut serta dalam kegiatan patroli gabungan ini menyatakan “Kegiatan patroli yg melibatkan pihak kepolisian, tni dan gakkum disekitar hutan tersisa harus terus ditingkatkan intensitasnya, dgn adanya petugas2 yg lalu lalang di wilayah ini, dapat mencegah masuknya orang-orang yang akan melakukan perusakan di hutan tersisa, dan mudah2an akan meminimalisir adanya bukaan baru”

Dalam kegiatan ini juga dilakukan tindakan tegas berupa pengusiran kepada masyarakat yang diduga melakukan kegiatan perkebunan, selain itu juga dilakukan pengambilan keterangan dan pernyataan untuk tidak melakukan kegiatan illegal di kawasan TN. Tesso Nilo. Pada kegiatan patroli ini tim juga menemukan aktivitas gajah liar. Aktivitas gajah liar ini terlihat dari keberadaan kotoran yang masih baru, rusaknya tanaman sawit masyarakat dan beberapa pondok yang roboh.

Kepala Balai TN. Tesso Nilo, Bapak Halasan Tulus berbangga dan mendukung penuh kegiatan patroli gabungan ini, “Kegiatan patroli gabungan yang melibatkan mitra Polri dan Gakkum merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kawasan TN. Tesso Nilo. Kegiatan ini akan terus kita lanjutkan dan tingkatkan intensitasnya. Kegiatan patroli diselingi soslialisasi dan penyadartahuan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga mereka ikut serta menjaga kawasan hutan bersama petugas.”

Sumber: Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini