Hari Cinta Puspa dan Satwa bersama Radio Nirwana FM

Jumat, 08 November 2019

Batulicin, 5 November 2019, BKSDA Kalsel menyambut Hari Cinta Puspa dan Satwa tanggal 5 November 2019 dengan mensosialisasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan Kalimantan Selatan melalui siaran Radio Nirwana Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu difrekuensi 106 FM. Dipandu pembawa acara Bung Johan, dengan Narasumber Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, didampingi Kepala SKW 3 Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc. Tema yang disampaikan “Sayangi Tumbuhan dan Satwa, biarkan mereka hidup di alam liar”.

Paparan awal disampaikan kekayaan dan keragaman hayati yang dimiliki Indonesia. Kita dianugrahi 10-20% flora dan fauna yang ada di dunia. Ada 10% jenis tumbuhan berbunga didunia (25.000 jenis); 17% jenis burung dunia (1.531 jenis); dan 20% dari jenis ikan di dunia. Khusus utk di Kalsel ada Aves 183 jenis; Amphibi 38 jenis; dan anggrek alam 252 jenis.

Upaya pelestarian yang dilakukan lingkup BKSDA Kalsel antara lain: penangkaran rusa Sambar di 14 lokasi; santuari Bekantan di dua TWA; 1 Lembaga Konservasi; kelompok peduli Anggrek spesies; dan layanan pengaduan call center 0812 4849 4950. Tekanan yang dihadapi antara lain: pembukaan tambak, perkebunan, perburuan, dan kebakaran hutan dan lahan.

2WhatsApp Image 2019-11-07 at 13.47.08

Disampaikan pula 10 cara baru kelola kawasan konservasi sesuai arahan Dirjen KSDAE Ir. Wiratno, M.Sc. bahwa masyarakat setempat sebagai pelaku utama, dan penghargaan terhadap kearifan lokal. Implementasinya antara lain Kemitraan Konservasi dan pemberdayaan masyarakat sekitar daerah penyangga.

Bagian akhir siaran disampaikan harapan untuk konservasi flora dan fauna adalah membangun kesadaran bersama betapa pentingnya kehadiran mereka di dunia ini. Mereka bertasbih kepada Tuhan, dan berkat mereka kita bisa menikmati hidup. Biarlah mereka hidup di alam dengan bebas, tutup Dr. Mahrus.

Sumber : Yofi Azhar (Polhut SKW III Batulicin BKSDA Kalimantan Selatan) 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini