Pembinaan MMP dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsi di Lapangan

Rabu, 06 November 2019

Manado, 5 November 2019. Bertempat di kantor Balai Taman Nasional Bunaken dilaksanakan pembinaan Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) dari wilayah utara SPTN I dan wilayah selatan SPTN II. Sebagai mitra Polhut, peran MMP sangat penting dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dilapangan.

Dengan didampingi oleh Kepala Resort, masing-masing anggota MMP yang hadir menyimak dengan materi pembinaan. Sebagai narasumber dalam pembinaan MMP adalah Kepala Seksi PTN Wilayah I dan Kepala Seksi PTN Wilayah II serta Kepala Sub Bagian TU dengan dipandu oleh Koordinator Perlindungan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala SPTN Wilayah II Hendrieks Rundengan, SP. Peran serta masyarakat lokal diyakini bagian yang sangat penting untuk kelangsungan pengelolaan kawasan konservasi. Pelibatan masayarakat dalam pengelola kawasan konservasi telah diataur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem serta Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.

Untuk itu dalam mewujudkan visi dan misi organisasi, Balai Taman Nasional membentuk mitra dengan masyarakat sekitar yang disebut dengan Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP), tutur Hendrik.

Kepala Sub Bagian TU, Nikolas Loli, SP menyampaikan bahwa saat ini MMP Balai Taman Nasional Bunaken berjumlah 33 orang dengan sebaran sebanyak 23 orang berada di SPTN Wilayah I dan 10 Orang di SPTN Wilayah II.

Lebih lanjut Kepala SPTN Wilayah I Gatot Santoso, S.Pi, MA bahwa yang melatar belakangi pertemuan ini adalah belum maksimalnya kinerja MPP dilapangan.

Setelah kami mengevaluasi kinerja seluruh anggota MMP belum ada keseragaman dalam menyampaikan informasi, untuk itu dalam pembinaan kali ini kami kembali memberikan bekal untuk dapat diisi dalam setiap agenda dan aktivitas dilapangan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan pelaksanaan seluruh kegiatan MMP berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya. pungkas Gatot.

Peserta sangat antusias dengan materi dan arahan yang diberikan, bahkan dalam sesi tanya-jawab berlangsung seru karena salah satu anggota dari tiap-tiap resort melontarkan argumen dan pertanyaan-pertanyaan yang langsung dijawab oleh narasumber.

Sumber : Ifan Sinaga (Polisi Kehutanan Pertama Balai Taman Nasional Bunaken)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini