Agenda AIS Di Manado dan Kunjungan Kemenko Maritim di Taman Nasional Bunaken

Jumat, 01 November 2019

Manado, 31 Oktober 2019. Disela agenda pada kegiatan Archipelagic and States (AIS) Forum 2019 di Manado (31 Okt 2019), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Komandan Lantamal VIII dengan delegasi Menteri negara-negara sahabat mengunjungi Pulau Bunaken.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Taman Nasional Bunaken menerangkan tentang potensi ekowisata wisata bahari serta pengembangan wisata alam yang ada di Taman Nasional Bunaken, termasuk pelibatan para pihak, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi serta Masyarakat.

Farianna Prabandari dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengelolaan Terpadu Taman Nasional dan Kawasan Konservasi Perairan Nasional Tahun 2018 - 2025, pengembangan Taman Nasional Bunaken dalam mendukung pariwisata antara lain dengan mengembangkan potensi wisata di Pulau Mantehage melalui Mangrove Park dan Jalur pendakian di Pulau Manado Tua.

Interkoneksi wisata alam di Taman Nasional Bunaken dari kegiatan selam dan snorkelling dengan wisata daratan diharapkan akan mampu meningkatkan peran masyarakat dalam mendapatkan manfaat dan peningkatan kapasitas dari kegiatan wisata, serta para pihak seperti Pemerintah Daerah untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan dan pelaku usaha dari aspek branding.

Peluang-peluang pengembangan potensi wisata alam di Taman Nasional Bunaken akan memberikan nilai tambah dan pengakuan keunggulan destinasi wisata yang unik dan spesifik di Sulawesi Utara, tutur Farianna.

Setelah menanyakan terkait hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan potensi wisata, Menko Maritim dan Investasi Luhut, langsung menghubungi Kementerian terkait untuk pemenuhannya.

Rasa takjub dan apresiasi rombongan saat melihat keindahan bawah laut, dengan menaiki Subsea di area Likuan I dan Likuan II divespot perairan Pulau Bunaken, dimana yang sebelumnya singgah di Pantai Liang dan makan siang bersama di OASIS Dive Resort.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini